PEMBELAJARAN LUAR KELAS (OUT DOOR STUDY) DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 SUNGAI KAKAP

Authors

  • Suherdiyanto, Pitalis Mawardi, Rika Anggela

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v3i1.273

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengamati penerapan metode Pembelajaran Luar Kelas (Out Door Study); (2) Mendeskripsikan rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi; dan  (3) Mengetahui pengaruh penerapan metode Pembelajaran Luar Kelas (Out Door Study) terhadap peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Geografi di kelas XI SMA Negeri 1 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen dengan bentuk Kuasi Eksperimen. Sampel penelitian dipilih menggunakan metode  Cluster Random Sampling. Alat pengumpul data berupa Lembar  Observasi, Tes Hasil Belajar, dan Dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji-T dua sampel. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan sebagai betikut: (1) Rata-rata hasil belajar siswa pada kelas Eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran model Pembelajaran Luar Kelas (Out Door Study) tergolong baik; (2) Rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol yang tidak  diajarkan dengan model Pembelajaran Luar Kelas (Out Door Study)  tergolong cukup; dan (3) Terdapat pengaruh model Pembelajaran Luar Kelas (Out Door Study)  terhadap peningkatan  hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi di kelas XI SMA Negeri 1 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. 

Kata Kunci: Out Door Study, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Geografi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Suherdiyanto, Pitalis Mawardi, Rika Anggela

Program Studi Pendidikan Geografi

 Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial

IKIP-PGRI Pontianak Jl. Ampera No.88 Telp. (0561)748219 Fax. (0561) 6589855

Downloads

Published

2016-08-27

How to Cite

Rika Anggela, S. P. M. (2016) “PEMBELAJARAN LUAR KELAS (OUT DOOR STUDY) DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 SUNGAI KAKAP”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 3(1), pp. 139–148. doi: 10.31571/sosial.v3i1.273.