AKTUALISASI PEMBINAAN KESADARAN BERKONSTITUSI PADA PEMBELAJARAN PKN DI SMP NEGERI 3 MEMPAWAH HILIR KABUPATEN MEMPAWAH

Authors

  • Tajuddin Tajuddin

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v3i1.274

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Kreativitas guru PKn SMP Negeri 3 Mempawah Hilir dalam pembelajaran; dan (2) Aktualisasi pembinaan kesadaran berkonstitusi yang dilakukan guru PKn SMP Negeri 3 Mempawah Hilir. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang memiliki tiga komponen analisis, yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Dalam mengelola pembelajaran guru tidak hanya dituntut untuk membuat perangkat pembelajaran tetapi juga harus mengembangkan kreativitasnya dalam melaksanakan pembelajaran di kelas yang tertuang dalam rencana pembelajaran. Guru PKn tentu harus bisa kreatif dalam mengelola pembelajaran terutama terkait dengan metode dan media pembelajaran; dan (2) Mata pelajaran PKn adalah mata pelajaran yang didalam kurikulumnya ada beberapa Standar Kompetensinya berisi tentang konstitusi, seperti pada materi di kelas VII dan  kelas VIII (pada kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Semakin tinggi kesadaran siswa memahami konstitusi, semakin sadar akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara serta semakin tinggi prestasi belajar PKn. 

Kata kunci: guru, PKn, konstitusi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Tajuddin Tajuddin

SMP Negeri 3 Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah

Downloads

Published

2016-08-27

How to Cite

Tajuddin, T. (2016) “AKTUALISASI PEMBINAAN KESADARAN BERKONSTITUSI PADA PEMBELAJARAN PKN DI SMP NEGERI 3 MEMPAWAH HILIR KABUPATEN MEMPAWAH”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 3(1), pp. 149–163. doi: 10.31571/sosial.v3i1.274.