AKTUALISASI PEMBINAAN KESADARAN BERKONSTITUSI PADA PEMBELAJARAN PKN DI SMP NEGERI 3 MEMPAWAH HILIR KABUPATEN MEMPAWAH

Tajuddin Tajuddin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Kreativitas guru PKn SMP Negeri 3 Mempawah Hilir dalam pembelajaran; dan (2) Aktualisasi pembinaan kesadaran berkonstitusi yang dilakukan guru PKn SMP Negeri 3 Mempawah Hilir. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang memiliki tiga komponen analisis, yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Dalam mengelola pembelajaran guru tidak hanya dituntut untuk membuat perangkat pembelajaran tetapi juga harus mengembangkan kreativitasnya dalam melaksanakan pembelajaran di kelas yang tertuang dalam rencana pembelajaran. Guru PKn tentu harus bisa kreatif dalam mengelola pembelajaran terutama terkait dengan metode dan media pembelajaran; dan (2) Mata pelajaran PKn adalah mata pelajaran yang didalam kurikulumnya ada beberapa Standar Kompetensinya berisi tentang konstitusi, seperti pada materi di kelas VII dan  kelas VIII (pada kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Semakin tinggi kesadaran siswa memahami konstitusi, semakin sadar akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara serta semakin tinggi prestasi belajar PKn. 

Kata kunci: guru, PKn, konstitusi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31571/sosial.v3i1.274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial



SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial

IKIP PGRI Pontianak

Gedung Rektorat Lt. 2 Jl. Ampera No.88, Pontianak, Kalimantan Barat 78116 Telp. (0561) 748219
e-mail: sosial.ikipgpriptk@gmail.com


View My Stats | p-ISSN: 2407-5299 | e-ISSN: 2407-5302