PEMANFAATAN LABORATORIUM PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN CIVIC KNOWLEDGE MAHASISWA IKIP PGRI PONTIANAK

Authors

  • Fety Novianty, M. Anwar Rube’i, Hana Mauludea

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v3i1.278

Abstract

Salah satu sumber belajar yang mempunyai peran penting adalah laboratorium. Tanpa laboratorium, maka pembelajaran akan sulit memahami pelajaran, terutama materi yang bersifat aplikasi. Laboratorium adalah tempat belajar mengajar melalui metode praktikum yang dapat menghasilkan pengalaman belajar dimana siswa berinteraksi dengan berbagai alat dan bahan untuk mengobservasi gejala-gejala yang dapat diamati secara langsung dan dapat membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajari, untuk melatih dalam hal keterampilan melakukan praktik, demonstrasi, percobaan, penelitian, dan pengembangan ilmu pengetahuan. Laboratorium merupakan sumber belajar yang efektif untuk mencapai kompetensi yang diharapkan bagi peserta didik banyak fungsi dan manfaat yang dapat diambil dari pengunaan laboratorium oleh karena itu untuk mengoptimalkan fungsi laboratorium perlu dikelola secara baik untuk kelancaran proses belajar mengajar.

 

Kata Kunci: Laboratorium PPKn, Sumber Belajar, Pengetahuan Kewarganegaraan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Fety Novianty, M. Anwar Rube’i, Hana Mauludea

1,2Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

3Program Studi Pendidikan Sejarah

Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial

IKIP-PGRI Pontianak Jl. Ampera No.88 Telp. (0561)748219 Fax. (0561) 6589855

Downloads

Published

2016-09-01

How to Cite

Hana Mauludea, F. N. M. A. R. (2016) “PEMANFAATAN LABORATORIUM PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN CIVIC KNOWLEDGE MAHASISWA IKIP PGRI PONTIANAK”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 3(1), pp. 68–79. doi: 10.31571/sosial.v3i1.278.