EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN E-MARKETING TERHADAP SKILL ENTREPRENEURSHIP MAHASISWA DI PERGURUAN TINGGI

Suharto Suharto

Abstract


Pertumbuhan enterpreneur di Perguruan Tinggi masih belum signifikan diakibatkan dari penerapan pembelajaran yang masih berorientasi pada aspek kognitif dan teori saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan pembelajaran e-marketing terhadap skill enterpreneurship mahasiswa di Perguruan Tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa STKIP PGRI Nganjuk yang menempuh mata kuliah Praktek Kewirausahaan dan diambil menggunakan teknik purposing sampling. Teknik pengambilan data menggunakan angket, wawancara, dan tes. Analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana untuk mengetahui efektifitas metode yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran e-marketing efektif terhadap peningkatan skill enterpreneurship mahasiswa. Beberapa skill yang mengalami peningkatan diantaranya adalah self knowledge, imagination, practical knowledge, search skill, foresight, computation skill, dan communication skill. Penggunaan e-marketing seperti facebook, instagram, youtube, Market Place, dan website juga mengalami peningkatan dalam upaya mengembangkan usaha yang dimiliki.

Keywords


E-Marketing; Skill; Entrepreneurship

Full Text:

PDF

References


Habibi, F. et al. (2015) ‘E-marketing orientation and social media implementation in B2B marketing’, European Business Review.

Haka, N. B. et al. (2020) ‘KEGIATAN E-MARKETING KEWIRAUSAHAAN PRODUK MAKANAN LOKAL DESA SINAR PETIR KABUPATEN TANGGAMUS’, Adimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), pp. 13–21.

Hansen, J. M. and Levin, M. A. (2016) ‘The effect of apathetic motivation on employees’ intentions to use social media for businesses’, Journal of Business Research, 69(12), pp. 6058–6066.

Hindasah, L. (2020) ‘PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN JIWA WIRAUSAHA REMAJA MASJID’, in Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat.

Maulana, S. M., Susilo, H. and Susilo, H. (2015) ‘Implementasi e-commerce sebagai media penjualan online (studi kasus pada toko pastbrik kota malang)’, Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), pp. 1–9.

Nasir, M. and Kusuma, A. H. P. (2019) ‘Kegiatan E-Marketing Sebagai Bentuk Kewiraushaan Dini Bagi Pelajar’, Celebes Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), pp. 1–8.

Neno, M. S. (2021) ‘ANALISI PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING PADA RUMAH MAKAN KAHANG JAYA LILIBA DI MASA PANDEMI COVID 19’, GLORY: Jurnal Ekonomi & Ilmu Sosial, 2(2), pp. 147–160.

Prastyaningtyas, E. W. and Arifin, Z. (2019) ‘Pentingnya pendidikan kewirausahaan pada mahasiswa dengan memanfaatkan teknologi digital sebagai upaya menghadapi revolusi 4.0’, Proceedings of the ICECRS, 2(1), pp. 281–285.

Rawat, S. and Divekar, R. (2014) ‘Developing a social media presence strategy for an e-commerce business’, Procedia Economics and Finance, 11, pp. 626–634.

Sheikh, A. A., Shahzad, A. and Ishaq, A. K. (2017) ‘The growth of e-marketing in business-to-business industry and its effect on the performance of businesses in Pakistan: Marketing success’, International and Multidisciplinary Journal of Social Sciences, 6(2), pp. 178–214.

Siswanto, E. et al. (2020) ‘E-MARKETING UNTUK IKM SANAN KOTA MALANG’, Jurnal Graha Pengabdian, 2(2), pp. 103–113.

Suryathi, W. and Marhaeni, K. E. (2020) ‘Efektifitas Pelatihan Hard Skill dan Soft Skill Mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga’, Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS, 6(2), pp. 118–125.

Ulfah, F. et al. (2021) ‘Analisis Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Keju Lasi)’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), pp. 2795–2805.

Wati, L. F. (2018) ‘Model pembelajaran project based learning berbasis potensi lokal pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan (SMA/SMK di Malang)’, Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, pp. 39–47.

Wulandari, N. et al. (2019) ‘Memaksimalkan Potensi Studentpreneur di Lingkungan Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO) melalui Pembinaan Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM), dan Pelatihan E-Marketing’, Jurnal Pengabdian Dharma Bakti, 2(1).

Yousaf, Z. et al. (2018) ‘The effects of e-marketing orientation on strategic business performance: Mediating role of e-trust’, World Journal of Entrepreneurship, Management and Sustainable Development.




DOI: https://doi.org/10.31571/sosial.v8i2.2950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Suharto Suharto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial

IKIP PGRI Pontianak

Gedung Rektorat Lt. 2 Jl. Ampera No.88, Pontianak, Kalimantan Barat 78116 Telp. (0561) 748219
e-mail: sosial.ikipgpriptk@gmail.com


View My Stats | p-ISSN: 2407-5299 | e-ISSN: 2407-5302