PENERAPAN ETIKA KAMPUS DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN

Authors

  • Hemafitria, Rohani, Fety Novianty, Erna Octavia Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP-PGRI Pontianak Jalan Ampera Nomor 88 Pontianak 78116

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v3i2.366

Abstract

Pendidikan merupakan sarana yang sangat strategis untuk membentuk kepribadian warga negara. Melalui pendidikan diharapkan terjadi proses pendewasaan, baik dewasa dalam pola pikir maupun dewasa dalam perilaku. Upaya untuk menciptakan suasana kehidupan kampus yang mendukung terselenggaranya proses perkuliahan secara terarah dan sesuai dengan sasaran, guna mencapai pendidikan yang dicita-citakan, maka perlu adanya kesadaran dan tanggung jawab mahasiswa selaku obyek dalam kegiatan pendidikan untuk memelihara ketertiban dan kedisiplinan. Untuk itu maka diperlukan etika kampus karena dengan aturan tersebut dapat mengatur, mendisiplinkan dan mendidik mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, dengan menggunakan pedoman observasi dan panduan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan dipahaminya etika kampus mahasiswa dapat bersosialisasi di lingkungan kampus dengan baik. Etika kampus mempunyai makna positif apabila seluruh mahasiswa menanggapi dengan positif pula. Segala ketentuan kampus bukannya menjadi batasan-batasan dalam sikapnya tetapi menjadi petunjuk yang mampu merubah kehidupan yang menjadi insan yang lebih baik.

 

Kata Kunci: etika, kedisiplinan, Pendidikan Kewarganegaraan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-02-07

How to Cite

Erna Octavia, H. R. F. N. (2017) “PENERAPAN ETIKA KAMPUS DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 3(2), pp. 221–228. doi: 10.31571/sosial.v3i2.366.