ANALISIS KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI DANIMPLEMENTASINYA DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING

Authors

  • Martin Martin Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP-PGRI Pontianak Jalan Ampera Nomor 88 Pontianak 78116

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v3i2.368

Abstract

Penelitian bertujuan mendeskripsikan kecerdasan interpersonal anak dan merancangbimbingan dan konseling untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal anak PAUD Arrahman kabupaten Sambas. Metode penelitian adalah deskriptif dengan bentuk penelitian studi survei. Subjek penelitian 25 anak. Teknik pengumpul data menggunakan komunikasi langsung dengan alat panduan observasi. Analisis data meggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik analisis interaktif model Miles and Huberman. Hasil penelitian:Kondisi kecerdasan interpersonal anak PAUD kabupaten Sambas “memadaiâ€. Dari 10 indikator dan 28 sub indikator kecerdasan tergolong “memadai†dan “cukup memadaiâ€. Terdapat 1 indikator dan 6  subindikator   tergolong  “kurang memadaiâ€.Komponen bimbingan untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal anak meliputi bidang: pribadi, sosial dan karier. Layanan bimbingan: orientasi, informasi, penguasaan konten, penempatan dan penyaluran, konseling individual, dan konsultasi. Komponen pendukung: aplikasi intrumentasi, himpunan data dan konferensi kasus. Saran: (1) Guru dalam merancang bimbingan hendaknya berdasarkan asesmen kebutuhan; (2) Guru dan Kepala Sekolah hendaknya memanfaatkan hasil penelitian ini dalam rangka mengembangkan kecerdasan interpersonal anak.  

 

Kata Kunci: kecerdasan interpersonal anak usia dini, bimbingan dan konseling.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-02-07

How to Cite

Martin, M. (2017) “ANALISIS KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI DANIMPLEMENTASINYA DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 3(2), pp. 243–257. doi: 10.31571/sosial.v3i2.368.