KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA
DOI:
https://doi.org/10.31571/sosial.v9i1.3699Keywords:
rofil Pelajar Pancasila, Kepercayaan DiriAbstract
Abstrak
Projek penguatan profil pelajar Pancasila bertujuan salah satunya untuk mengetahui kepercayaan diri pada diri siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kepercayaan diri yang dimodifikasi dari konsep Lauster. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan melibatkan responden sebanyak 138 yang terdiri dari 2 sekolah dengan karakteristik sekolah yang terdaftar pada program sekolah penggerak di kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat, adapun sekolah penggerak yang dilibatkan pada penelitian ini adalah Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Al-Fityan dan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kuala Mandor B. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan diri siswa secara umum berada pada katagori“percaya diriâ€, kedua sekolah menunjukkan hasil penelitian yang berbeda, untuk SMPTI AL-Fityan berada pada kategori “percaya diriâ€, sedangkan SMPN I Kuala Mandor B hanya berada pada katagori“cukup percaya diriâ€.
Â
Â
Downloads
References
Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156–168.
Andriani, D., & Aripin, U. (2019). No TitleANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(1), 25–32.
Azizah, I. N., & Djamilah Bondan Widjajanti. (2019). No TitleKeefektifan pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kepercayaan diri siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(pembelajaran berbasis proyek), 233–243.
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205. https://www.e-journal.my.id/jsgp/article/view/591
Busro, M. (2018). Teori-TeoriManajemenSumberDayaManusia. Jakarta: Prenadanedia group.
Ifdil, J., Unzilla, F. I., & ilsyah, U. N. (2017). Hubungan Body Image dengan Kepercayaan Diri Remaja Putri. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 107–113.
Dewinta Priyanti, & Sondang Maria J Silaen. (2018). Pengaruh kepercayaan diri dan konformitas teman sebaya terhadap perilaku merokok siswa kelas X SMA Negeri 70 Jakarta. Ikraith-Humaniora, 2(2), 100–108.
Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1–5. https://doi.org/10.29210/02017182
Fitriani, E., & Azhar, A. (2019). Layanan Informasi Berbasis Focus Group Discussion (FGD) dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Analitika, 11(2), 82. https://doi.org/10.31289/analitika.v11i2.2552
Hidayati, N., Burhani, I., & Yusuf, M. A. (2013). STUDI PERBEDAAN TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN KELAS 4 DAN 5 YANG MENGIKUTI LEADERSHIP PROGRAM DI SD.
Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila. 257–265.
Kurniasih, K., Supena, A., & Nurani, Y. (2021). Peningkatan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini melalui Kegiatan Jurnal Pagi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2250–2258. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1109
Luis, F., & Moncayo, G. (n.d.). No 主観的å¥åº·æ„Ÿã‚’ä¸å¿ƒã¨ã—ãŸåœ¨å®…高齢者ã«ãŠã‘ã‚‹å¥åº·é–¢é€£æŒ‡æ¨™ã«é–¢ã™ã‚‹å…±åˆ†æ•£æ§‹é€ 分æžTitle. 4(2), 149–163.
Nasution, S. W. (2022). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1, 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181
Nurdianti, S., & Nurkhin, A. (2016). Peran cara belajar dalam memediasi pengaruh internet sebagai sumber belajar dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar ekonomi. Economic Education Analysis Journal, 5(3), 915–926. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/13593
Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Negeri “X.†Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 7(1), 43. https://doi.org/10.26740/jptt.v7n1.p43-49
Puspitasari, R., & Nugroho, R. (n.d.). MERDEKA FISIP UPN VETERAN JAWA TIMUR Ratna Puspitasari , Riant Nugroho DINAMIKA GOVERNANCE : JURNAL ILMU ADMINISTRASI NEGARA Angka pengangguran muda di Indonesia menjadi masalah serius saat ini . Berdasarkan data BPS pada Februari 2020 , 16 , 28 persen ti. 276–292.
RAHAYUNINGSIH, F. (2021). No TitleINTERNALISASI FILOSOFI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187.
Ritonga, R., Hamid, A., Harahap, A. M., & Harahap, R. (2022). No TitlePENGUATAN KOMPETENSI SOSIAL-EMOSIONAL BAGI KEPALA SEKOLAH PENGGERAK MELALUI KEGIATAN LOKAKARYA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 309–315.
Rohma, J. (2018). Pembentukan Kepercayaan. Perempuan Dan Anak, 1.
Rusnaini, Raharjo, Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2019). No TitleIntensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. JURNAL KETAHANAN NASIONAL, 27(2), 230–249.
S., I. (2017). Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling. Http://Dx.Doi.Org/10.17977/Um001V2I222017P050, 2(2), 50–57.
Sari, R. A., Musthafa, B., & Yusuf, F. N. (2021). Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Berbasis Proyek di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 21(2), 1–11. https://doi.org/10.17509/jpp.v21i2.36972
Sugiharto, B., Malinda, E. R., Azizzah, H., Anugerah, J. F., Rani, M. J. M., Padmi, N. R. C., & Alifah, N. (2020). Perbedaan Kesadaran Metakognisi Siswa SMA di Desa dan di Kota. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 78–91. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.15354
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Utami, S. P. (2020). Peningkatan Kepercayaan Diri melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Bermain Peran Siswa Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Sragen Semester Genap Tahun …. Jurnal Ilmiah Guru Indonesia, 1(1). http://journalindonesia.org/index.php/JIGI/article/view/16
Wahyuningtyas, R., & Suteng Sulasmono, B. (2020). Jurnal Ilmu Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 318–333.
Wijayanti, P. S., Jamilah, F., Herawati, T. R., & ... (2022). Penguatan Penyusunan Modul Projek Profil Pelajar Pancasila Pada Sekolah Penggerak Jenjang SMA. Abdimas …, 43–49.
Hidayati, N., Burhani, I., & Yusuf, M. A. (2018). STUDI PERBEDAAN TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN KELAS 4 DAN 5 YANG MENGIKUTI LEADERSHIP PROGRAM DI SD.
Paramitha, G. T. (2013). Tingkat Percaya Diri Peserta Didik. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Sosial Horizon prior to the publication.