KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v9i1.3699

Keywords:

rofil Pelajar Pancasila, Kepercayaan Diri

Abstract

Abstrak

Projek penguatan profil pelajar Pancasila bertujuan salah satunya untuk mengetahui kepercayaan diri pada diri siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kepercayaan diri yang dimodifikasi dari konsep Lauster. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan melibatkan responden sebanyak 138 yang terdiri dari 2 sekolah dengan karakteristik sekolah yang terdaftar pada program sekolah penggerak di kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat, adapun sekolah penggerak yang dilibatkan pada penelitian ini adalah Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Al-Fityan dan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kuala Mandor B. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan diri siswa secara umum berada pada katagori“percaya diriâ€, kedua sekolah menunjukkan hasil penelitian yang berbeda, untuk SMPTI AL-Fityan berada pada kategori “percaya diriâ€, sedangkan SMPN I Kuala Mandor B hanya berada pada katagori“cukup percaya diriâ€.

 


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156–168.

Andriani, D., & Aripin, U. (2019). No TitleANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(1), 25–32.

Azizah, I. N., & Djamilah Bondan Widjajanti. (2019). No TitleKeefektifan pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kepercayaan diri siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(pembelajaran berbasis proyek), 233–243.

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205. https://www.e-journal.my.id/jsgp/article/view/591

Busro, M. (2018). Teori-TeoriManajemenSumberDayaManusia. Jakarta: Prenadanedia group.

Ifdil, J., Unzilla, F. I., & ilsyah, U. N. (2017). Hubungan Body Image dengan Kepercayaan Diri Remaja Putri. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 107–113.

Dewinta Priyanti, & Sondang Maria J Silaen. (2018). Pengaruh kepercayaan diri dan konformitas teman sebaya terhadap perilaku merokok siswa kelas X SMA Negeri 70 Jakarta. Ikraith-Humaniora, 2(2), 100–108.

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1–5. https://doi.org/10.29210/02017182

Fitriani, E., & Azhar, A. (2019). Layanan Informasi Berbasis Focus Group Discussion (FGD) dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Analitika, 11(2), 82. https://doi.org/10.31289/analitika.v11i2.2552

Hidayati, N., Burhani, I., & Yusuf, M. A. (2013). STUDI PERBEDAAN TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN KELAS 4 DAN 5 YANG MENGIKUTI LEADERSHIP PROGRAM DI SD.

Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila. 257–265.

Kurniasih, K., Supena, A., & Nurani, Y. (2021). Peningkatan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini melalui Kegiatan Jurnal Pagi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2250–2258. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1109

Luis, F., & Moncayo, G. (n.d.). No 主観的å¥åº·æ„Ÿã‚’中心ã¨ã—ãŸåœ¨å®…高齢者ã«ãŠã‘ã‚‹å¥åº·é–¢é€£æŒ‡æ¨™ã«é–¢ã™ã‚‹å…±åˆ†æ•£æ§‹é€ 分æžTitle. 4(2), 149–163.

Nasution, S. W. (2022). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1, 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181

Nurdianti, S., & Nurkhin, A. (2016). Peran cara belajar dalam memediasi pengaruh internet sebagai sumber belajar dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar ekonomi. Economic Education Analysis Journal, 5(3), 915–926. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/13593

Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Negeri “X.†Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 7(1), 43. https://doi.org/10.26740/jptt.v7n1.p43-49

Puspitasari, R., & Nugroho, R. (n.d.). MERDEKA FISIP UPN VETERAN JAWA TIMUR Ratna Puspitasari , Riant Nugroho DINAMIKA GOVERNANCE : JURNAL ILMU ADMINISTRASI NEGARA Angka pengangguran muda di Indonesia menjadi masalah serius saat ini . Berdasarkan data BPS pada Februari 2020 , 16 , 28 persen ti. 276–292.

RAHAYUNINGSIH, F. (2021). No TitleINTERNALISASI FILOSOFI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187.

Ritonga, R., Hamid, A., Harahap, A. M., & Harahap, R. (2022). No TitlePENGUATAN KOMPETENSI SOSIAL-EMOSIONAL BAGI KEPALA SEKOLAH PENGGERAK MELALUI KEGIATAN LOKAKARYA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 309–315.

Rohma, J. (2018). Pembentukan Kepercayaan. Perempuan Dan Anak, 1.

Rusnaini, Raharjo, Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2019). No TitleIntensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. JURNAL KETAHANAN NASIONAL, 27(2), 230–249.

S., I. (2017). Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling. Http://Dx.Doi.Org/10.17977/Um001V2I222017P050, 2(2), 50–57.

Sari, R. A., Musthafa, B., & Yusuf, F. N. (2021). Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Berbasis Proyek di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 21(2), 1–11. https://doi.org/10.17509/jpp.v21i2.36972

Sugiharto, B., Malinda, E. R., Azizzah, H., Anugerah, J. F., Rani, M. J. M., Padmi, N. R. C., & Alifah, N. (2020). Perbedaan Kesadaran Metakognisi Siswa SMA di Desa dan di Kota. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 78–91. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.15354

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Utami, S. P. (2020). Peningkatan Kepercayaan Diri melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Bermain Peran Siswa Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Sragen Semester Genap Tahun …. Jurnal Ilmiah Guru Indonesia, 1(1). http://journalindonesia.org/index.php/JIGI/article/view/16

Wahyuningtyas, R., & Suteng Sulasmono, B. (2020). Jurnal Ilmu Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 318–333.

Wijayanti, P. S., Jamilah, F., Herawati, T. R., & ... (2022). Penguatan Penyusunan Modul Projek Profil Pelajar Pancasila Pada Sekolah Penggerak Jenjang SMA. Abdimas …, 43–49.

Hidayati, N., Burhani, I., & Yusuf, M. A. (2018). STUDI PERBEDAAN TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN KELAS 4 DAN 5 YANG MENGIKUTI LEADERSHIP PROGRAM DI SD.

Paramitha, G. T. (2013). Tingkat Percaya Diri Peserta Didik. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Downloads

Published

2022-06-25

How to Cite

Rizal, Y., Deovany, M. and Andini, A. S. (2022) “KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 9(1), pp. 46–57. doi: 10.31571/sosial.v9i1.3699.