PENGARUH MODEL INQUIRY TERHADAP BERPIKIR KRITIS MAHASISWA GEOGRAFI IKIP-PGRI PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.31571/sosial.v3i2.371Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah statistika di Program Studi Pendidikan Geografi IKIP PGRI Pontianak. Subjek dalam penelitian mahasiswa semester gasal tahun akademik 2016. Kelas A sore sebagai eksperimen dan B sore sebagai kontrol yang memiliki kemampuan setara berdasarkan hasil nilai penugasan dan UTS yang telah di uji menggunakan uji-t dengan hasil tidak signifikan. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Berdasarkan selisih nilai pretest dan posttest,rata-rata gain score kelas eksperimen lebih tinggi dengan skor 30,16 dibandingkan kelas kontrol dengan skor 12,15. Hasil perhitungan analisis uji-t menggunakan independen sample t-test diperoleh data p-level lebih kecil dari 0,05 (p<0,05) yaitu dengan taraf sig 0,00. Hasil perhitungan membuktikan bahwa model pembelajaran inquiry berpengaruh terhadap berpikir kritis mahasiswa pendidikan geografi IKIP PGRI Pontianak.
Â
Kata Kunci: berpikir kritis, model Pembelajaran Inquiry.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Sosial Horizon prior to the publication.