PENGARUH MODEL INQUIRY TERHADAP BERPIKIR KRITIS MAHASISWA GEOGRAFI IKIP-PGRI PONTIANAK

Authors

  • Rosanti, Dony Andrasmoro, Rina Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP-PGRI Pontianak Jalan Ampera Nomor 88 Pontianak 78116

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v3i2.371

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah statistika di Program Studi Pendidikan Geografi IKIP PGRI Pontianak. Subjek dalam penelitian mahasiswa semester gasal tahun akademik 2016. Kelas A sore sebagai eksperimen dan B sore sebagai kontrol yang memiliki kemampuan setara berdasarkan hasil nilai penugasan dan UTS yang telah di uji menggunakan uji-t dengan hasil tidak signifikan. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Berdasarkan selisih nilai pretest dan posttest,rata-rata gain score kelas eksperimen lebih tinggi dengan skor 30,16 dibandingkan kelas kontrol dengan skor 12,15. Hasil perhitungan analisis uji-t menggunakan independen sample t-test diperoleh data p-level lebih kecil dari 0,05 (p<0,05) yaitu dengan taraf sig 0,00. Hasil perhitungan membuktikan bahwa model pembelajaran inquiry berpengaruh terhadap berpikir kritis mahasiswa pendidikan geografi IKIP PGRI Pontianak.

 

Kata Kunci: berpikir kritis, model Pembelajaran Inquiry.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-02-07

How to Cite

Rina, R. D. A. (2017) “PENGARUH MODEL INQUIRY TERHADAP BERPIKIR KRITIS MAHASISWA GEOGRAFI IKIP-PGRI PONTIANAK”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 3(2), pp. 286–296. doi: 10.31571/sosial.v3i2.371.