PEMANFAATAN LABORATORIUM PENDIDIKAN SEJARAH IKIP-PGRI PONTIANAK

Authors

  • Sahid Hidayat, Superman, Teguh Agustian, Fandri Minandar Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP-PGRI Pontianak Jalan Ampera Nomor 88 Pontianak 78116

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v3i2.372

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen dan pemanfaatan Laboratorium Pendidikan Sejarah IKIP-PGRI Pontianak.Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan strategi yang digunakan adalah studi kasus tunggal. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan mengkaji dokumen. Analisis data yang dilakukan adalah model analisis interraktif.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: Manajemen atau pengelolaan Laboratorium Pendidikan Sejarah IKIP-PGRI Pontianak telah dilakukan dengan baik. Program yang dirancang dan dilaksanakan oleh pengurus lab. yang berupa kegiatan mata kuliah praktikum dan diskusi ilmiah sejalan dengan fungsi lab. tersebut yaitu sebagai sarana penunjang untuk memperdalam dan memantapkan pemahaman sejarah. Laboratorium Pendidikan Sejarah IKIP-PGRI Pontianak telah dimanfaatkan dengan baik oleh para mahasiswa maupun dosen prodi pendidikan sejarah. Dari hasil wawancara dan pengamatan dapat dikatakan bahwa laboratorium ini tidak hanya dimanfaatkan oleh kalangan prodi pendidikan sejarah saja namun juga telah dimanfaatkan oleh sekolah-sekolah yang ada di Pontianak.

 

Kata Kunci: pemanfaatan, laboratorium.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-02-07

How to Cite

Fandri Minandar, S. H. S. T. A. (2017) “PEMANFAATAN LABORATORIUM PENDIDIKAN SEJARAH IKIP-PGRI PONTIANAK”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 3(2), pp. 297–310. doi: 10.31571/sosial.v3i2.372.