PENGGUNAAN MEDIA FILM TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR BAGI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.31571/sosial.v3i2.373Abstract
Tujuan penelitian adalah: (1) Mengetahui pengaruh penggunaan media film dalam pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran Geografi di SMP Negeri Pontianak; dan (2) Mengetahui pengaruh penggunaan media film dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Geografi di SMP Negeri Pontianak. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan tehnik sampel bertujuan (Purposive Sample). Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test post-test control group design dengan satu macam perlakuan yaitu eksperimen quasi (quasi experimental research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan yang diberikan pada penelitian ini berpengaruh signifikan pada peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa. Dimana t tabel = -7,673 signifikan pada taraf a=5% (Sig. < 0,05).
Â
Kata Kunci: motivasi, prestasi, belajar.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Sosial Horizon prior to the publication.