IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PIIL PESENGGIRI SEBAGAI PENCEGAHAN DEGRADASI SOSIOKULTURAL DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 5.0

Authors

  • Yusuf Perdana Universitas Lampung
  • Wulansuci Kurnia Dwianingsih Universitas Lampung
  • Dwi Mawarni Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v9i2.3857

Keywords:

Degradasi Sosiokultural, Piil Pesenggiri, Industri 5.0

Abstract

Piil Pesenggiri merupakan martabat (dignity) dan harga diri orang Lampung. yang saling terhubung dan terintegrasi. Namun, keberhasilan dalam meretas dan merawat keharmonisan yang telah ditorehkan tidak dapat terjaga dan terkawal secara permanen, hingga saat ini banyak terjadi degradasi sosiokultural yang berdampak pada pembangunan berkelanjutan di era revolusi industri 5.0. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah nilai-nilai local wisdom masyarakat suku Lampung yang disebut Piil Pesenggiri dapat menjadi acuan moral, etika, dan pandangan hidup yang dinamis untuk dapat menjawab tantangan budaya asing dalam proses transformasi sosial dan budaya di era 5.0. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data obeservasi, studi pustaka dan wawancara. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah nilai-nilai local wisdom masyarakat suku Lampung yaitu nilai-nilai Piil Pesenggiri dapat menjadi acuan hidup di era industri 5.0 yang dijadikan sebagai suatu sudut pandang atau stereotip serta sebagai modal budaya dan strategi identitas kehidupan sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bachri, B, S. 2010. “Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif†dalam Jurnal Teknologi Pendidikan Tahun ke-10, No. 1.

Gulo, Adil Niat. 2012. “Degradasi Budaya Dalam Upacara Perkawinan Masyarakat Nias Di Denpasar†dalam E-Jurnal Kajian Budaya Universitas Udayana Tahun ke-1. No. 1.

Irianto, Sulistyowati dan Risma Margaretha. 2011. “Piil Pesenggiri: Modal Budaya Dan Strategi Identitas Ulun Lampung†dalam Jurnal Makara, Sosial Humaniora Tahun ke-15, No. 2.

Juwita, Dwi Tiya, dkk. 2017. “Nilai-Nilai Piil Pesenggiri Pada Tari Melinting Di Desa Wana Lampung Timur†dalam Jurnal Catharsi Tahun ke-6. No. 1.

Minandar, Camelia Arni. 2018. “Aktualisasi Piil Pesenggiri Sebagai Falsafah Hidup Mahasiswa Lampung Di Tanah Rantau†dalam Jurnal Sosietas Tahun ke-8, No. 2.

Mulyadi, Mohammad. 2011. “Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya†dalam Jurnal Studi Komunikasi dan Media Tahun ke-15, No. 1.

Najwan, Johni. 2009. “Konflik Antar Budaya dan Antar Etnis di Indonesia Serta Alternatif Penyelesaiannya†dalam Jurnal Hukum Tahun ke-16, (Edisi Khusus).

Pairulsyah. 2013. “Kualitas Pelayanan Publik Samsat Lampung Dalam Perspektif Budaya Piil Pesenggiri†dalam Fiat Justisia Jurnal Ilmu Hukum Tahun ke-7, No. 2.

Pranoto, Hadi dan Agus Wibowo. 2018. “Identifikasi Nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) PiilPesenggiri Dan Perannya Dalam Dalam Pelayanan Konseling Lintas Budaya†dalam Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia Tahun ke-3, No. 2.

Wawancara Bapak Arif Rahman, selaku tokoh adat masyarakat Lampung, 17 Juni 2020.

Wawancara Bapak Riski Nanda, selaku masyarakat suku Lampung, 18 Juni 2020.

Downloads

Published

2022-12-23

How to Cite

Perdana, Y., Dwianingsih, W. K. and Mawarni, D. (2022) “IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PIIL PESENGGIRI SEBAGAI PENCEGAHAN DEGRADASI SOSIOKULTURAL DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 5.0”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 9(2), pp. 231–245. doi: 10.31571/sosial.v9i2.3857.