Filosofis Alat-Alat Tradisional Dayak Tabun Sebagai Konteks Pembelajaran Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal

Authors

  • Riki Maulana IKIP PGRI Pontianak
  • Teguh Agustian IKIP PGRI Pontianak
  • Hartono Hartono IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v9i2.4073

Keywords:

Pendidikan Karakter, Budaya Lokal, Alat Tradisional

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan makna filosofis alat-alat tradisional dayak tabun sebagai konteks pembelajaran pendidikan karakter berbasis budaya lokal. Budaa lokal disini adalah sebagai konteks pembangun karakter kedaerahan, yang dimana perpaduan filosofis kebudayaan daerah dipadukan dengan pendidikan karakter. Tradisi berubah ketika orang memberikan perhatian khusus pada fragmen tradisi tertentu dan mengabaikan fragmen yang lain. Dengan memaknai kajian kedaerahan di harapkan dapat menambah warna dalam pendidikan menjadi tidak hanya memfokuskan pada kajian nasional, akan tetapi dengan memaknai kajian filosofis pada alat-alat tradisional, penggunaaan alat, bahan alat dan cara menggunakan yang memiliki filosofis khusus untuk menjadi pengembang dan penguat cinta budaya daerah yang bisa di aplikasikan dalam konteks pembelajaran pendidikan karakter yang berbasis budaya lokal. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tehnik observasi, tehnik komunikasi langsung dalam penerapannya. Sedangkan untuk keperluan pengolahan data menggunakan Tehnik komunikasi langsung yaitu dengan melakukan wawancara terhadap tokoh masyarakat Dayak Tabun, diantaranya kepada pembuat, pengguna, dan pemangku adat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Danim, Sudarwan. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Deddy Mulyana. 2005. Komunikasi Efektif: Suatu Pendekatan Lintas Budaya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Juliana, M. (2017). Tradisi Mappasoro Bagi Masyarakat Desa Barugariattang Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba. Fakultas Adab dan Humaniora Uin Alauddin Makassar.

Julkarnain, Moh Ahmad. (2021). Pentingnya Menciptakan Pendidikan Karakter Dalam Lingkungan Keluarga. Jurnal Pendais, Volume 3 No. 1 Juni 2021.

Maunah, Binti. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun V, Nomor 1, April 2015.

Rosa Susanti. 2013. Jurnal: Penerapan Pendidikan Karakter Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Al-Ta’lim, Jilid 1, Nomor 6 November 2013.

Teguh Agustian, Riki Maulana, Hartono. (2019). Pendidikan Karakter Alat-Alat Tradisional Dayak Tabun. Pontianak: IKIP-PGRI Pontianak.

Downloads

Published

2022-12-22

How to Cite

Maulana, R., Agustian, T. and Hartono, H. (2022) “Filosofis Alat-Alat Tradisional Dayak Tabun Sebagai Konteks Pembelajaran Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 9(2), pp. 219–230. doi: 10.31571/sosial.v9i2.4073.

Most read articles by the same author(s)