PERGESERAN NILAI-NILAI BUDAYA DALAM UPACARA ADAT GAWAI DAYAK DITINJAU DARI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT KOTA PONTIANAK

Authors

  • Emusti Rivasintha, Karel Juniardi 1,2) Program Studi Pendidikan Sejarah IKIP-PGRI Pontianak Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak Jalan Ampera Nomor 88 Pontianak - 78116, Telepon (0561) 748219 Fax. (0561) 589855

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v4i1.418

Abstract

Penelitian bertujuan untuk megetahui: (1) pelaksanaan Upacara Adat Gawai Dayak di Pontianak; (2) pergeseran nilai-nilai yang terjadi dalam Upacara adat Gawai Dayak di Pontianak; (3) dampak sosial yang terjadi pada masyarakat sekitar Pontianak; dan (4) dampak ekonomi yang terjadi pada masyarakat sekitar Pontianak. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan bentuk strategi studi kasus terpancang. Sumber data yang digunakan yaitu informan, tempat dan peristiwa, dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Validitas data menggunakan triangulasi dan teknik analisa data menggunakan teknik analisis interaktif. Upacara Adat Gawai Dayak bagi masyarakat Dayak di Kalimantan Barat mempunyai beberapa fungsi, yaitu fungsi spiritual, sosial, dan sebagai aset yang menunjang pariwisata. Upacara Adat Gawai Dayak juga bertujuan untuk meningkatkan rasa persaudaraan dan gotong royong diantara sesama warga masyarakat yang ikut terlibat dalam pelaksanaan upacara adat tersebut.

Kata Kunci: Upacara Adat Gawai Dayak, budaya lokal, kehidupan sosial ekonomi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-07-18

How to Cite

Karel Juniardi, E. R. (2017) “PERGESERAN NILAI-NILAI BUDAYA DALAM UPACARA ADAT GAWAI DAYAK DITINJAU DARI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT KOTA PONTIANAK”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(1), pp. 1–10. doi: 10.31571/sosial.v4i1.418.