PENERAPAN METODE KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY PADA PEMBELAJARAN PKN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Dada Suhaida, Nur Fitri Jayanti 1,2) Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak Jalan Ampera Nomor 88 Pontianak - 78116, Telepon (0561) 748219 Fax. (0561) 6589855

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v4i1.421

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui informasi tentang perencanaan Metode Kooperatif Teknik Two Stray Two Stray (TSTS) pada pembelajaran PKn untuk meningkatkan hasil belajar siswa, pelaksanaan penerapan Metode Kooperatif Teknik (TSTS) pada pembelajaran PKn untuk meningkatkan hasil belajar siswa, hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batu Ampar setelah guru PKn menerapkan metode Kooperatif Teknik TSTS. Subyek penelitian 31 orang siswa dan 1 orang guru PKn. Tahapan penelitian adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik dan alat pengumpul data yakni teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung,  teknik pengukuran, dan dokumenter. Teknik analisa yang digunakan yakni, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, secara umum penerapan metode Kooperatif Teknik (TSTS) di kelas VIII dilakukan dengan baik. Secara khusus: bahwa perencanaan dilakukan terlebih dulu oleh guru PKn dan mengacu kepada kurikulum KTSP, pelaksanaan Metode Kooperatif Teknik (TSTS) dilakukan dalam dua siklus dan pelaksanaan berjalan baik dan lancar, hasil belajar siswa di kelas VIII sebelum menggunakan Metode Kooperatif Teknik (TSTS) (pra-siklus) hanya mencapai 36%, nilai rata-rata 56, setelah guru PKn menerapkan Metode Kooperatif Teknik (TSTS) hasil belajar siswa meningkat pada (siklus I) 67% nilai rata-rata 69, selanjutnya pada (siklus II) hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebanyak 86% dengan nilai rata-rata 78.

Kata Kunci: Two Stay Two Stray, Pendidikan Kewarganegaraan,  hasil belajar.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Additional Files

Published

2017-07-18

How to Cite

Nur Fitri Jayanti, D. S. (2017) “PENERAPAN METODE KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY PADA PEMBELAJARAN PKN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(1), pp. 31–46. doi: 10.31571/sosial.v4i1.421.