PENERAPAN METODE KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY PADA PEMBELAJARAN PKN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31571/sosial.v4i1.421Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui informasi tentang perencanaan Metode Kooperatif Teknik Two Stray Two Stray (TSTS) pada pembelajaran PKn untuk meningkatkan hasil belajar siswa, pelaksanaan penerapan Metode Kooperatif Teknik (TSTS) pada pembelajaran PKn untuk meningkatkan hasil belajar siswa, hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batu Ampar setelah guru PKn menerapkan metode Kooperatif Teknik TSTS. Subyek penelitian 31 orang siswa dan 1 orang guru PKn. Tahapan penelitian adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik dan alat pengumpul data yakni teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung, teknik pengukuran, dan dokumenter. Teknik analisa yang digunakan yakni, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, secara umum penerapan metode Kooperatif Teknik (TSTS) di kelas VIII dilakukan dengan baik. Secara khusus: bahwa perencanaan dilakukan terlebih dulu oleh guru PKn dan mengacu kepada kurikulum KTSP, pelaksanaan Metode Kooperatif Teknik (TSTS) dilakukan dalam dua siklus dan pelaksanaan berjalan baik dan lancar, hasil belajar siswa di kelas VIII sebelum menggunakan Metode Kooperatif Teknik (TSTS) (pra-siklus) hanya mencapai 36%, nilai rata-rata 56, setelah guru PKn menerapkan Metode Kooperatif Teknik (TSTS) hasil belajar siswa meningkat pada (siklus I) 67% nilai rata-rata 69, selanjutnya pada (siklus II) hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebanyak 86% dengan nilai rata-rata 78.
Kata Kunci: Two Stay Two Stray, Pendidikan Kewarganegaraan, hasil belajar.
Â
Downloads
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Sosial Horizon prior to the publication.