PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHAN DAN ALAT TANGKAP MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA SISWA KELAS I NAUTIKA PERIKANAN LAUT-SUPM NEGERI PONTIANAK

Authors

  • Rudi Mas Permana Guru Madya SUPM Negeri Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v4i1.424

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahan dan alat tangkap menggunakan metode tutor sebaya siswa kelas I Nautika Perikanan Laut-SUPM Negeri Pontianak. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian siswa kelas I Nautika Perikanan Laut-SUPM Negeri Pontianak yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes evaluasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahan dan alat tangkap dengan menerapkan pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I Nautika Perikanan Laut-SUPM Negeri Pontianak. Peningkatan tersebut terjadi karena siswa yang pandai membantu siswa yang kurang pandai untuk memahami pelajaran bahan dan alat tangkap. Hasil belajar bahan dan alat tangkap mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari 72,22% menjadi 88,89%. Siswa yang kurang berpartisipasi dalam kelompok didekati oleh guru dan diarahkan agar bertanya kepada tutor atau menanggapi pernyataan tutor sehingga seluruh siswa bisa memahami materinya.

Kata Kunci: tutor sebaya, bahan dan alat tangkap, hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-07-19

How to Cite

Permana, R. M. (2017) “PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHAN DAN ALAT TANGKAP MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA SISWA KELAS I NAUTIKA PERIKANAN LAUT-SUPM NEGERI PONTIANAK”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(1), pp. 71–85. doi: 10.31571/sosial.v4i1.424.