PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION

Authors

  • Indajati, Ahmad Jamalong 1) Guru PPKn SMP Negeri 1 Tajur Halang Bogor Jalan Tengah Desa Citayam Bogor 2) Program Studi PPKn FIPPS IKIP PGRI Ponianak Jalan Ampera 88 Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v4i1.426

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis hasil belajar siswa dengan penggunaan metode Group Investigation. Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tajur Halang Bogor tahun pelajaran 2014/2015 dengan metode penelitian tindakan kelas. Subjek sasaran sebanyak 30 siswa pada kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, dokumenter, dan pengukuran. Alat pengumpulan data berupa panduan observasi, dokumentasi, dan tes. Tindakan penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebelum dilaksanakan tindakan hanya 5% siswa yang mencapai ketuntasan belajar. Setelah dilaksanakan siklus I terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa sebesar  34,38%, begitu juga pada hasil pelaksanaan siklus II terjadi peningkatan sebesar 54,82% siswa yang mengalami ketuntasan belajar. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan metode Group Investigation efektif untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

Kata Kunci: metode Group Investigation, hasil belajar, Pendidikan Kewarganegaraan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-07-19

How to Cite

Ahmad Jamalong, I. (2017) “PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(1), pp. 97–110. doi: 10.31571/sosial.v4i1.426.