PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL: PEMAHAMAN KONTENS BAGI MAHASISWA

Authors

  • Yuver Kusnoto, Fandri Minandar 1,2) Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak Jalan Ampera Nomor 88 Pontianak - 78116, Telepon (0561) 748219 Fax. (0561) 6589855

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v4i1.428

Abstract

Tulisan yang dilakukan merupakan hasil kajian yang mencoba menganalisis tentang pembelajaran sejarah lokal di perguruan tinggi khususnya di Program Studi Pendidikan Sejarah. Melihat posisi pembelajaran sejarah lokal dalam memberikan kontribusi terhadap pembentukan pemahaman lokal history bagi mahasiswa dalam usaha mendekatkan diri pada situasi riil dari lingkungan terdekatnya. Berikutnya membawa mahasiswa secara langsung mengenal serta mengayati lingkungan masyarakat yang merupakan bagian dari padanya. Tidak salah bila dikatakan bahwa pengajaran sejarah lokal mampu menerobos batas antara â€dunia sekolah†dengan “dunia nyata†di luar pendidikan formal. Dari pengajaran sejarah lokal mahasiswa akan mendapatkan banyak contoh-contoh dan pengalaman-pengalaman dari berbagai tingkat perkembangan lingkungan masyarakatnya, termasuk situasi masa kininya. Mahasiswa juga akan lebih terdorong mengembangkan keterampilan-keterampilan khusus seperti perihal observasi, teknik bertanya atau melakukan wawancara, menyeleksi sumber, mencari fakta, dan lain-lain.

Kata Kunci: pembelajaran, sejarah lokal, mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-07-19

How to Cite

Fandri Minandar, Y. K. (2017) “PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL: PEMAHAMAN KONTENS BAGI MAHASISWA”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(1), pp. 125–137. doi: 10.31571/sosial.v4i1.428.