PERAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN EWARGANEGARAAN MEMBANGUN GENERASI CERDAS DAN BERKARAKTER

Authors

  • Hadi Rianto Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v2i1.48

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk membangun generasi cerdas dan berkarakter di Sekolah Menengah Atas melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan mengembangkan aspek kemampuan berpikir kritis serta mengembangkan kepribadian dengan mewujudkan nilai-nilai karakter dalam bersikap dan berperilaku. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi.  Penelitian ini mengkaji mulai dari upaya, peran aktif, dan kendala-kendala dihadapi guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam membangun generasi cerdas dan berkarakter. Dari penelitian ini ditemukan bahwa peserta didik mampu menunjukkan kemampuan berpikir kritis serta dan menampilkan perilaku berkarakter di lingkungan sekolah.

 

Kata Kunci: Generasi Cerdas, Membangun Karakter.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-06-15

How to Cite

Rianto, H. (2016) “PERAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN EWARGANEGARAAN MEMBANGUN GENERASI CERDAS DAN BERKARAKTER”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 2(1), pp. 14–21. doi: 10.31571/sosial.v2i1.48.