PENGARUH MODEL EXPERENTIAL LEARNING TERHADAP KESADARAN LINGKUNGAN SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Rika Anggela IKIP PGRI PPONTIANAK
  • Rina Rina IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v9i2.4920

Keywords:

Kata Kunci, Experential Learning, Kesadaran Lingkungan

Abstract

Tujuan untuk mengetahui secara objektif dan sistematis Pengaruh Penerapan Model Experential Learning Terhadap Kesadaran Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan Pre Experimental Design. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpukan bahwa : 1)Kesadaran Lingkungan sebelum penerapan Model Experential Learning memperoleh rata-rata nilai sebesar 68,32 berada dalam kriteria cukup; 2) Kesadaran Lingkungan sesudah penerapan Model Experential Learning memperoleh rata-rata nilai sebesar 86,74 berada dalam kriteria Baik. 3) Berdasarkan hasil pengujian uji t diketahui bahwa skor sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka perbedaan antara sesudah dan sebelum diberikan perlakuan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penerapan Model Experential Learning Terhadap Kesadaran Lingkungan Siswa SD 34 Kecamatan Pontianak Kota.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albayrak, T., Aksoy, S., & Caber, M. (2013). The effect of environmental concern and scepticism on green purchase behavior. Marketing Intelligence & Planning.

Cheah , I., & Phau, I. (2011). Attitudes towards environmentally friendly products: The influence of ecoliteracy, interpersonal influence, and value orientation. Marketing intelegence & Planning.

Danim, S. (2013). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

Dasrita, et. al. (2015). Kesadaran Lingkungan Siswa Sekolah Adiwiyata. Dinamika Lingkungan Indonesia, 61-64.

Kolb, D. A. (1984). Experential Learning : Experience as the source of leraning and development. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall, Inc.

Mangunjaya, et al. (2013). Kesadaran Lingkungan di Kalangan Santri Terhadap Pembanguna Berkelanjutan. Media Konservasi, 127-134.

Neoloka, A. (2008). Kesadaran lingkungan. Jakarta: Rineka Cipta.

Shobeiri, S. M., Omidvar, B., & & Prahallada, N. N. (2007). A Comperative Study Of Enviromental Awareness Among Secondary School Student in Iran dan India. International Journal of Enviromental Research, 28-34.

Silberman, M. (2014). Handbook Experiential Learning. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thapa, B. (1999). Environmentalism: A Study of Undergraduate Students., (pp. 11-14). Bolton.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Anggela, R. and Rina, R. (2022) “PENGARUH MODEL EXPERENTIAL LEARNING TERHADAP KESADARAN LINGKUNGAN SISWA SEKOLAH DASAR”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 9(2), pp. 301–310. doi: 10.31571/sosial.v9i2.4920.

Most read articles by the same author(s)