PENGARUH KEIKUTSERTAAN DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER/UKM DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA

Authors

  • Berliana Berliana STKIP PGRI Sukabumi
  • Mujib Abdullah Romdon STKIP PGRI Sukabumi
  • R Edy Rachmadio STKIP PGRI Sukabumi
  • Dede Rismayanti Latifah STKIP PGRI Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v10i1.5047

Keywords:

Prestasi belajar, ekstrakurikuler, minat belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Keikutsertaan Ekstrakurikuler dan Minat belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh keikutsertaan dalam kegiatan ekstrakurikuler dan minat belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa. Dari hasil pengolahan data antara pengaruh variabel Ekstrakurikuler terhadap Prestasi belajar di peroleh nilai t hitung sebesar 4,103 > t tabel sebesar 1,984 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dan dari hasil pengolahan data antara pengaruh variabel Minat belajar terhadap prestasi belajar diperoleh nilai t hitung sebesar 13,148 > t tabel sebesar 1,984 dengan nilai signifikan 0,000< 0,05. Dikarenakan nilai t hitung lebih besar dari t tabel 1,984,maka dapat disimpulkan bahwa H0 di tolak, H1 dan H2 diterima. Artinya terdapat pengaruh positif antara Kegiatan Ekstrakurikuler dan minat belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa.
Kata Kunci: Prestasi belajar, ekstrakurikuler, minat belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Dede Rismayanti Latifah, STKIP PGRI Sukabumi

Pendidikan

References

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Arifudin, O. (2021). Implementasi Balanced Scorecard dalam Mewujudkan Pendidikan Tinggi World Class. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 767–775.

Cleopatra, M. (2015). Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2), 168–181. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i2.336

Djafri N. (2008). Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa pada pesantren al-khaerat kota gorontalo. Physical Review, المجلد 49(المجلة الع ا رقية للعلوم), 69–73.

Dyah Nirmala Arum Janir, S.E., M. S. (2012). Statistik deskriptif & regresi linier berganda dengan spss. In Semarang University Press (Issue April 2012).

Janna, N. M., & Herianto. (2021). Artikel Statistik yang Benar. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12.

Juliati, J., Firman, M., & Nugraha, D. (2018). Improving Mathematical Communication Capabilities By Realistic Mathematics Approach. (Jiml) Journal of Innovative Mathematics Learning, 1(3), 338. https://doi.org/10.22460/jiml.v1i3.p338-344

Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115–125. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118

Masni, H. (2015). Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Dikdaya, 5(1), 34–45.

Meilasari, E. (2022). Korelasi Prestasi Belajar Siswa dengan Gaya Kepemimpinan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 1(2), 88–92.

Moleong, J. L. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. 32–36.

Mustaqim, I. (2020). Pengaruh Kompetensi Dosen, Kurikulum Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 1(1), 63–75. https://doi.org/10.47467/reslaj.v1i1.67

Nofianti, A. (2019). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 2(2), 120. https://doi.org/10.26740/jdmp.v2n2.p120-129

Nugraha, D. (2023). Pengaruh metode simulasi demonstrasi terhadap hasil belajar mahasiswa. Jurnal Pena Edukasi, 10(1), 1–8.

Nugraha, D., Ginanjar, H., & Rolina, R. (2018). Problem Solving Ability and Problem Based Learning. (Jiml) Journal of Innovative Mathematics Learning, 1(3), 239. https://doi.org/10.22460/jiml.v1i3.p239-243

Saleh, M. (2020). Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1, 51–56.

Sembiring, Rosali, M. (2013). Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 6(2), 34–44. https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996

Sherly, Dharma, E., & Sihombing, B. H. (2020). Merdeka Belajar di Era Pendidikan 4.0. Merdeka Belajar: Kajian Literatur, 184–187.

Sholikhah, A. (2017). Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(2), 342–362. https://doi.org/10.24090/komunika.v10i2.953

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750

Supardi, S. U. S., Leonard, L., Suhendri, H., & Rismurdiyati, R. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1), 71–81. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i1.86

Susilana, R. (2015). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Journal of Visual Languages & Computing, 11(3), 287–301.

UU RI NO 20. (2003). Presiden republik indonesia. Undang-Undang Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 1, 1–5. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjWxrKeif7eAhVYfysKHcHWAOwQFjAAegQICRAC&url=https%3A%2F%2Fwww.ojk.go.id%2Fid%2Fkanal%2Fpasar-modal%2Fregulasi%2Fundang-undang%2FDocuments%2FPages%2Fundang-undang-nomo

UUD 1945. (1945). Undang - Undang Dasar RI 1945. 105(3), 129–133. https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:BDsuQOHoCi4J:https://media.neliti.com/media/publications/9138-ID-perlindungan-hukum-terhadap-anak-dari-konten-berbahaya-dalam-media-cetak-dan-ele.pdf+&cd=3&hl=id&ct=clnk&gl=id

Wahyuni, R. (2020). Refleksi : Pendekatan Untuk Meningkatkan Profesional Dalam Praktik Mengajar. 2018, 185–192.

Yamin, S., & Kurniawan, H. (2009). Statistik SPSS Complete: Teknik Analisis Statistik Terlengkap dengan Software SPSS. Analisis Korespondensi Bab Analisis Diskriminan, 330.

Yayan Inriyani, Wahjoedi, S. (2017). Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar Ips melalui motivasi belajar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 955–962. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Berliana, B. (2023) “PENGARUH KEIKUTSERTAAN DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER/UKM DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 10(1), pp. 73–85. doi: 10.31571/sosial.v10i1.5047.