PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI IKIP PGRI PONTIANAK

Authors

  • Pitalis Mawardi B Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v2i1.51

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Pembelajaran Paikem terhadap Hasil belajar mahasiswa dan Perbedaan yang signifikan antara Mahasiswa kelas A sore dan B sore Pada Mata Kuliah Geografi Sumber Daya Alam  Program Studi Geografi IKIP – PGRI Pontianak Tahun Akademik 2014. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen. Subjek penelitian  adalah   mahasiswa semester IV program studi pendidikan geogerafi IKIP PGRI Pontianak. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tehnik komunikasi lansung dan tehnik komunikasi tidak lansung, teknik observasi langsung serta teknik pengukuran dan Teknik dokumenter sebagai objek pendukung dalam pengumpulan data.Berdasarkan pengujian hipotesis penelitian, maka dapat di simpulkan rata-rata nilai test akhir pada kelas A Sore adalah 76,85 dan standar deviasi sebesar 2,71. dan pada kelas B Sore diperoleh rata-rata sebesar 76,84 dan standar deviasi sebesar 2,69. Berdasarkan hasil kedua hal tersebut bahwasanya mahasiswa 100% lulus.Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara Mahasiswa kelas A sore dan B sore Pada Mata Kuliah Geografi Sumber Daya Alam Pada Program Studi Geografi IKIP – PGRI Pontianak Tahun Akademik 2014, atau dengan kata lain kemampuan mahasiswa sama baiknya.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Paikem, Pembelajaran Geografi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-02-25

How to Cite

Mawardi B, P. (2016) “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI IKIP PGRI PONTIANAK”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 2(1), pp. 47–56. doi: 10.31571/sosial.v2i1.51.