PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN PEMAHAMAN KONSEP SEJARAH TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PADA MAHASISWA FIPPS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH IKIP-PGRI PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.31571/sosial.v2i1.52Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari pengaruh metode pembelajaran dan pemahaman konsep sejarah terhadap hasil belajar sejarah mahasiswa. Penelitian ini dilakukan di Pontianak IKIP PGRI. Percobaan ini dilakukan dengan menggunakan treatmen oleh tingkat 2 x 2. Pengumpulan data penelitian ini dari observasi,tes hasil belajar dan kuisioner. dengan ukuran sampel 44 mahasiswa dipilih secara acak. Analisis data mengungkapkan empat temuan, 1). Hasil belajar sejarah mahasiswa yang diberikan metode pembelajaran inkuiri lebih tinggi dari pada hasil belajar sejarah mahasiswa yang diberikan metode pembelajaran konvensional, 2). Terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan pemahaman konsep sejarah terhadap hasil belajar sejarah 3). Hasil belajar sejarah mahasiswa yang diberikan metode pembelajaran inkuiri dengan memiliki pemahaman konsep tinggi lebih tinggi dari mahasiswa yang diberikan metode pembelajaran konvensional dengan memiliki pemahaman konsep tinggi 4). Hasil belajar sejarah mahasiswa yang diberikan metode pembelajaran inkuiri dengan memiliki pemahaman konsep rendah lebih rendah dari mahasiswa yang diberikan metode pembelajaran konvensional dengan memiliki pemahaman konsep rendah.
Â
Kata Kunci: Pemahaman Konsep. Metode Pembelajaran. Hasil Belajar             .
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Sosial Horizon prior to the publication.