Problematika Mahasiswa Dalam Program Pengenalan Lapangan Di SMPN Kabupaten Garut

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v10i3.5656

Keywords:

Problematika, Program PLP, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  menganalisis problematika yang dihadapi oleh Mahasiswa dalam melaksanakan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Deskriptif Kuantitatif,  yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah  39 mahasiswa yang mengikuti Program Pengenalan Lapangan Persekolahan dari prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa problematika yang ditemukan dilapangan adalah pertama, Indikator  8 yaitu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran, problematika dalam indikator 8 ini mencapai  66,67%; kedua, Indikator 1 yaitu menggunakan fasilitas sekolah, problematika dalam indikator1 ini mencapai 51,28%;  ketiga, Indikator 2, 3 dan 5. Indikator 2 yaitu  Menyediakan sumber belajar dan media, Indikator 3 yaitu Membuat perangkat pembelajaran, Indikator 5 yaitu Mendapat Bimbingan dari  guru pamong dan Dosen Pembimbing Persekolahan (DPS).  Problematika dalam indikator 2, 3 dan 5 ini mencapai 30,77%.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dmanik, R., Sagala, R.W., Rezeki, T.I. 2021. Keterampilan Dasar Mengajar Guru. Medan: Umsu Press.

Hudiana, H., Adireja, R.K., Sidiq, P., Suherman, A., Taofik, B., Sulaiman, Z., Mutaqin, E.J., Bhakti, D.D. 2022. Buku Pedoman Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP). Garut: Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Institut Pendidikan Indonesia.

Koswara, D dan Halimah. 2008. Bagaimana Menjadi Guru Kreatif. Bandung: PT Pribumi Mekar

Maryani. E. 2011. Pengembangan Program Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Munir. 2015. Multimedia (Konsep Dan Aplikasinya Dalam Pendidikan). Bandung: Alfabeta

Prawiradilaga. 2013. Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media

Rambo. 2019. Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar IPS. Bandung: UPI

Rusman., Kurniawan, D., Riyana, C. 2015. Pembelajaran Berbasis Tekonologi Informasi dan Komunikasi (Mengembangkan Profesionalisme Guru) . Jakarta: Rajagrafindo Persada

Sagala, S. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. 2012. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Bandung: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. (2009). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suharsimin, A. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:

Rineka Cipta.

Sukmadinata, N.S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sundari, F. S. 2020. Keterampilan Dasar Mengajar. Bogor: Universitas Pakuan.

Yuliwati, I. (2012). Problematika yang Dihadapi Mahasiswa Jurusan PKnH Universitas Negeri Yogyakarta pada Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP dan SMA Tahun 2011/2012. http://eprints.uny.ac.id/22552/1/. Diakses Tanggal 20 Maret 2023.

Downloads

Published

2023-12-31 — Updated on 2024-01-03

How to Cite

Dianah, L. (2024) “Problematika Mahasiswa Dalam Program Pengenalan Lapangan Di SMPN Kabupaten Garut”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 10(3), pp. 281–293. doi: 10.31571/sosial.v10i3.5656.