Problematika Mahasiswa Dalam Program Pengenalan Lapangan Di SMPN Kabupaten Garut
DOI:
https://doi.org/10.31571/sosial.v10i3.5656Keywords:
Problematika, Program PLP, MahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika yang dihadapi oleh Mahasiswa dalam melaksanakan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Deskriptif Kuantitatif, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 39 mahasiswa yang mengikuti Program Pengenalan Lapangan Persekolahan dari prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa problematika yang ditemukan dilapangan adalah pertama, Indikator 8 yaitu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran, problematika dalam indikator 8 ini mencapai 66,67%; kedua, Indikator 1 yaitu menggunakan fasilitas sekolah, problematika dalam indikator1 ini mencapai 51,28%; ketiga, Indikator 2, 3 dan 5. Indikator 2 yaitu Menyediakan sumber belajar dan media, Indikator 3 yaitu Membuat perangkat pembelajaran, Indikator 5 yaitu Mendapat Bimbingan dari guru pamong dan Dosen Pembimbing Persekolahan (DPS). Problematika dalam indikator 2, 3 dan 5 ini mencapai 30,77%.
Â
Downloads
References
Dmanik, R., Sagala, R.W., Rezeki, T.I. 2021. Keterampilan Dasar Mengajar Guru. Medan: Umsu Press.
Hudiana, H., Adireja, R.K., Sidiq, P., Suherman, A., Taofik, B., Sulaiman, Z., Mutaqin, E.J., Bhakti, D.D. 2022. Buku Pedoman Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP). Garut: Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Institut Pendidikan Indonesia.
Koswara, D dan Halimah. 2008. Bagaimana Menjadi Guru Kreatif. Bandung: PT Pribumi Mekar
Maryani. E. 2011. Pengembangan Program Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Munir. 2015. Multimedia (Konsep Dan Aplikasinya Dalam Pendidikan). Bandung: Alfabeta
Prawiradilaga. 2013. Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media
Rambo. 2019. Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar IPS. Bandung: UPI
Rusman., Kurniawan, D., Riyana, C. 2015. Pembelajaran Berbasis Tekonologi Informasi dan Komunikasi (Mengembangkan Profesionalisme Guru) . Jakarta: Rajagrafindo Persada
Sagala, S. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, W. 2012. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Bandung: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. (2009). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Suharsimin, A. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:
Rineka Cipta.
Sukmadinata, N.S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sundari, F. S. 2020. Keterampilan Dasar Mengajar. Bogor: Universitas Pakuan.
Yuliwati, I. (2012). Problematika yang Dihadapi Mahasiswa Jurusan PKnH Universitas Negeri Yogyakarta pada Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP dan SMA Tahun 2011/2012. http://eprints.uny.ac.id/22552/1/. Diakses Tanggal 20 Maret 2023.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lili Dianah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Sosial Horizon prior to the publication.