Energi Baru Terbarukan Sebagai Suatu Pembenaran

Authors

  • Syafnil Syafnil

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v10i2.5759

Keywords:

Politik ekologi, Geothermal, pembangunan, pembenaran

Abstract


Persoalan ketahanan energi selalu menjadi isu penting di banyak negara karena energi sangat di butuhkan untuk pembangunan guna mencapai kesejahteraan. Persoalan dari sumber energi fosil yang umum dipakai sekarang ini banyak di perdebatkan oleh para ahli karena mengakibatkan terjadinya kerusakan lingkungan. Perdebatan itu memunculkan wacana untuk beralih sumber energi baru, khususnya energi yang bisa terbarukan. Energi terbarukan sangat di perlukan untuk bisa memenuhi kebutuhan manusia, menjaga kelestarian lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan. Persoalan itu akhirnya ditindaklanjuti melalui berbagai aktivitas, program dan kebijakan yang dilakukan oleh NGO maupun pemerintah.
Tindakan, program atau kebijakan, tidak semua upaya tersebut mampu untuk membawa dampak yang berarti dalam mengatasi persoalan lingkungan, apalagi mencapai kesejahteraan masyarakat. Temuan di lapangan menunjukkan bahwa aktivitas, program dan kebijakan yang diambil hanyalah wacana yang dikembangkan untuk mencapai kepentingan dari kelompok tertentu. Tulisan ini ingin menyampaikan tentang berkembangnya wacana tentang energi baru terbarukan sebagai suatu pembenaran. Pembenaran yang mengatasnamakan kesejahteraan dan pelestarian lingkungan yang muncul akhir-akhir ini dalam kehidupan masyarakat, serta dampaknya bagi kehidupan sosial masyarakat

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-09-13

How to Cite

Syafnil, S. (2023) “Energi Baru Terbarukan Sebagai Suatu Pembenaran”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 10(2), pp. 182–190. doi: 10.31571/sosial.v10i2.5759.