PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS KEARIFAN LOKAL MELALUI PROGRAM DESA SENTRA BATIK DESA BANGUN MULYA
DOI:
https://doi.org/10.31571/sosial.v10i2.5899Keywords:
Desa Sentra Batik, Kearifan Lokal, Pendidikan Nonformal, Pemberdayaan MasyarakatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih mendalam proses pelaksanaan pemberdayaan masyarakat berbasis kearifan lokal melalui program sentra batik di Desa Bangun Mulya. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif karena sesuai dengan tujuan penelitian ini. Metode penelitian yaitu deskritif karena penelitian ini mendeskripsikan temuan – temuan penelitian. Teknik pengumpulan menggunakan wawancara dan informan dalam penelitian ini adalah Pelaksana Program Pemberdayaan Masyarakat, Pihak Desa, dan Masyarakat Desa Bangun Mulya. Observasi dilaksanakan melalui pengamatan dan studi dokumen dengan mengkaji dokumen yang berkaitan dengan dokumen pendukung penelitian. Teknik analisis data dilaksanakan melalui reduksi data yaitu dengan memilih – milih temuan penelitian. Selanjutnya tahapan penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pemberdayaan masyarakat dilaksanakan dengan tahapan meliputi tahapan menjalin kebutuhan dengan masyarakat sasaran dan penentuan lokasi penelitian. Tahapan identifikasi kebutuhan masyarakat untuk mengetahui kebutuhan masyarakat sebagai dasar dalam pelaksanaan program. Pada tahapan ini juga terdapat identifikasi potensi yang dapat dioptimalkan dalam rangka pelaksanaan pemberdayaan masyarakat. Tahapan perencanaan program agar program terarah dan tahapan pendidikan masyarakat melalui program pelatihan bagi masyarakat untuk pengembangan kapasitas masyarakat sasaran.
Downloads
References
Aisah, I. U., & Herdiansyah, H. (2020). Strategi Pemberdayaan Masyarakat dalam Pelaksanaan Program Desa Mandiri Energi. Share : Social Work Journal, 9(2), 130. https://doi.org/10.24198/share.v9i2.21015
Aswari, S. A. (2017). Pemberdayaan Masayrakat Melalui Kegiatan Kerajinan Tangan Eceng Gondok Iyan Handicraft. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(2), 194–209.
Damayanti, N. R., Soedarwo, V. S. D., & Susilo, R. K. D. (2020). Peran Tokoh Masyarakat Adat Dalam Pembangunan Masyarakat Berbasis Kearifan Lokal (Studi Interpretatif pada Masyarakat Kota Ternate). Istoria: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 16(2), 1–20.
Endah, K. (2020). Pemberdayaan Masyarakat : Menggali Potensi Lokal Desa. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(1), 135–143. https://doi.org/10.25157/moderat.v6i1.3319
Ernawati, & Mulyono, S. E. (2017). Manajemen Pembelajaran Program Paket C Di PKBM Bangkit Kota Semarang. Journal of Nonformal Education, 3(1), 60–71. https://doi.org/10.15294/jne.v3i1.8915
Ghufron, M., & Saraka, S. (2021). Proses Pelatihan Keahlian Kayu Bagi Karang Taruna Oleh CSR Pertamina Terminal Fuel Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 75–80.
Harahap, F. I. N. (2018). Dampak Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Biogas dalam Mewujudkan Kemandirian Energi. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 5(1), 41–50. https://doi.org/10.21831/jppm.v5i1.18634
Hartanti, N. B. (2020). Pelatihan Kewirausahaan dalam Mengolah Rumput Laut menjadi Manisan dan Dodol pada Kelompok Belajar Sipatuo di LKP BBEC Bontang. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 23–27. https://doi.org/10.30872/ls.v1i2.431
Hidayat, D. (2020). Teknik Identifikasi Kebutuhan Belajar Berbasis Partisipasi Masyarakat dalam Pelatihan Kewirausahaan. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(2), 156–166. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i2.4193
Hidayatullah, F. A., & Suminar, T. (2021). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal Candi Plaosan Melalui Program Desa Wisata Untuk Kemandirian Ekonomi di Desa Bugisan Kecamatan Prambanan. Lifelong Education Journal, 1(1), 1–11.
Husain, W. (2020). Pengaruh Penyusunan Rencana Pembangunan Terhadap Pengentasan Kemiskinan Dengan Partisipasi Masyarakat Desa Sebagai Moderating Variabel Pada Beberapa Desa di Kabupaten Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 18. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.18-34.2020
Lubis, N. (2020). Peran Tokoh Masyarakat Dalam Pemeberdayaan Keluarga Nelayan Di Desa Pangandaran Kecamatan Pangandaran Kabupaten Pangandaran. Lindayasos: Jurnal Ilmiah Perlindungan Dan Pemberdayaan, 2(1), 20–45. https://doi.org/10.31595/lindayasos.v2i1.248
Lukman, A. I. (2021). Pemberdayaan Masyarakat melalui Pendidikan Nonformal di PKBM Tiara Dezzy Samarinda. DIKLUS : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(2), 180–190. https://doi.org/10.21831/diklus.v5i2.43669
Mursalim, S. W., & Ramdani, E. M. (2016). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Promosi Potensi Desa ( Studi Kasus Di Desa Parungserab Kabupaten Bandung ). Jurnal Unita, 13(2), 285–304.
Mustangin, Akbar, M. F., & Sari, W. N. (2021). Analisis Pelaksanaan Program Pendidikan Nonformal Bagi Anak Jalanan. International Journal of Community Service Learning, 5(3), 234–241. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3
Mustangin, M. (2017). Perubahan iklim dan aksi menghadapi dampaknya: Ditinjau dari peran serta perempuan Desa Pagerwangi. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 80. https://doi.org/10.21831/jppm.v4i1.13051
Mustangin, M. (2020). Analisis Proses Perencanaan Program Pendidikan Nonformal bagi Anak Jalanan di Klinik Jalanan Samarinda. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 16(1), 1–9. https://doi.org/10.35329/fkip.v16i1.656
Mustangin, M., Iqbal, M., & Buhari, M. R. (2021). Proses Perencanaan Pendidikan Nonformal untuk Peningkatan Kapasitas Teknologi Pelaku UMKM. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 414. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38927
Mustangin, M., Lukman, A. I., Khoir, M. A. M., & Iqbal, M. (2022). Dampak Pemberdayaan Berbasis Pendidikan Bagi Peternak Madu Kelulut Pada Program CSR PT. Kutai Energi. 7(2), 144–151. https://doi.org/10.24127/jlpp.v7i2.2358
Nopi, Sulaiman, A., & Sujadmi. (2021). Optimalisasi Potensi Lokal untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Desa Tanjung Gunung. Jurnal Studi Inovasi, 1(3), 23–29. https://doi.org/10.52000/jsi.v1i3.45
Prameswari, A., Muljaningsih, S., & Asmara, K. (2021). Analisis Pengaruh Kemiskinan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Dan Tenaga Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Jawa Timur. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 7(2), 168–179. https://doi.org/10.35906/jep.v7i2.909
Putra, W. T., & Ismaniar. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Sampah di Bank Sampah. Jambura Journal of Community Empowerment (JJCE), 1(2), 1–10. https://doi.org/10.37411/jjce.v1i2.569
Rahmadani, R., Raharjo, S. T., & Resnawaty, R. (2019). Fungsi Corporate social responsibility (CSR) Dalam Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat. Share : Social Work Journal, 8(2), 203. https://doi.org/10.24198/share.v8i2.20081
Rappe, E. F., & Wahyuni, S. (2021). Analisis Proses Pelatihan Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Kerajinan Tangan Guna Meningkatkan Kreativitas Masyarakat oleh CSR Pertamina Fuel Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 69–74.
Setiadi, M. B., & Pradana, G. W. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal Melalui Program Desa Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan. Publika, 10(3), 881–894. https://ejournal.upi.edu/index.php/tarbawy/article/view/21273
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bandung (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Penerbit Alfabeta.
Suhartini, S., Mustangin, M., Lukman, A. I., & Winarti, H. T. (2022). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga dalam Pengolahan Keripik Ikan Bawis pada Industri Rumahan Abadi Rasa. Progress in Social Development, 3(2), 87–93. https://doi.org/10.30872/psd.v3i2.42
Weni, T. (2020). Analisis Proses Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Paket B Berbasis Kurikulum 2013 di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Samarinda. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 16(2), 89–95. https://doi.org/10.35329/fkip.v16i2.1765
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pitasari Pitasari, Saraka Saraka, Hepy Tri Winarti, Mustangin Mustangin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Sosial Horizon prior to the publication.