ANALISIS GAMBAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (AUTIS) DALAM KEMAMPUAN EKSPRESI DIRI DI YAYASAN LENTERA HATI KUDUS

Authors

  • Dita Indah Puspaningrum Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v10i3.6176

Keywords:

ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (AUTIS), GAMBAR, EKSPRESI DIRI

Abstract

Autis merupakan salah satu anak berkebutuhan khusus yang mempunyai kelainan pada sistem saraf dan mempunyai kelainan pada perkembangan perilaku sosialnya. Anak penyandang autis memiliki keterbatasan dalam kemampuan komunikasi, kognitif, interaksi sosial, dan bahasa. Anak autis melakukan komunikasi salah satunya adalah melalui kegiatan menggambar. Hasil karya gambar anak autis merupakan wujud mereka dalam mengekspresikan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang proses dan hasil karya gambar oleh subjek penelitian di Yayasan Lentera Hati Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan dengan empat subjek anak penyandang autis di Yayasan Lentera Hati Kudus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan keabsahan data berdasarkan teknik triangulasi. Triangulasi yang digunakan meliputi triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian yang sudah peneliti lakukan bahwa proses menggambar anak autis melalui tiga tahapan meliputi, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penutup. Hasil karya gambar dari keempat subjek penelitian sudah baik. Rata-rata mereka mengekspresikan diri dalam sebuah gambar sesuai dengan kesukaan atau kegemaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggreini, Devina, dkk. 2018. Karakteristik Karya Lukis Anak Autis Siswa Sekolah Dasar Galuh Handayani Surabaya. Seni Rupa, 06, 673–682.

Desiningrum, Dinie Ratri. 2016. Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta : Psikosain.

Fitiatun, Erna, dkk. 2022. Pelatihan Menggambar Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Di Bimbel Buah Hati Mataram. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Cahaya Mandalika, 3(1), 51-55.

Handayani, Sayekti, dkk. 2022. Karakteristik Gambar Yang Diwujudkan Oleh Siswa Kelas IV SD 1 Jepang Berdasarkan Repsentasi Sosial Lingkungan Sekitar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3460-3465.

Harahap, Nursapia. 2020. Penelitian Kualitatif. Medan : Wal Ashri Publishing.

Hariyani, Tri Indah, dkk. 2021. Kreativitas Seni Melalui Metode Collective Painting. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(2), 27-33.

Hartati, N. D. (2021). Pola Pembelajaran Daring Anak Autis Selama Pandemi Corona. JURNAL ILMU SOSIAL DAN PENDIDIKAN, 5(3), 35–39. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2035/

Hidayat, Mohammad Fathurrohman & Giari, Nunuk. 2018. Gambar Anak Autis Di SLB Negeri Jombang. Seni Rupa, 06(01), 765–774.

Mansur. (2016). Hambatan Komunikasi Anak Autis Al-Munzir Vol. 9, No. 1, Mei 2016. Al-Munzir, 9(1), 80–96.

Meleong, L. J. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosdakarya.

Mudzakir, M. Djauzi. 2019. Studi Kasus Desain & Metode Prof. Dr. Robert. K. Yin. Depok : PT. Rajagrafindo Persada.

Nainggolan, Maddia, dkk. 2018. Simangumban Berdasarkan Prinsip-Prinsip Seni Rupa Abstrak. Gorga Jurnal Seni Rupa, 07(11), 212-217.

Nurhidayah, Dwi, dkk. 2020. The Expression Of Children Image In Self - Behavior Deviation Repsentation. DIDAKTIKA Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 51-56.

Pamadhi, Hajar. 2012. Pendidikan Seni. Yogyakarta : UNY Pres.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Puspaningrum, D. I. (2023) “ANALISIS GAMBAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (AUTIS) DALAM KEMAMPUAN EKSPRESI DIRI DI YAYASAN LENTERA HATI KUDUS”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 10(3), pp. 252–270. doi: 10.31571/sosial.v10i3.6176.