KONSTRUKSI SOSIAL DALAM KELOMPOK TERNAK KALURAHAN PATALAN, KAPANEWON JETIS, KABUPATEN BANTUL DIY

Authors

  • Rini Raharti Universitas Janabadra
  • Aditya Kurniawan Universitas Janabadra
  • Aliftianna Widya Ningsih Universitas Janabadra

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v10i3.6333

Keywords:

konstruksi sosial, kesejahteraan ekonomi, perilaku

Abstract

Konstruksi sosial merupakan hubungan pengaruh sosial dalam perkembangan pengalaman yang terjadi dan dialami oleh individu. Penelitian ini menggunakan teori konstruksi sosial untuk melihat fenomena sosial di lapangan. Lokasi penelitian adalah pada kelompok ternak di Kalurahan Patalan, Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul DIY. Penelitian ini nantinya akan menemukan pola konstruksi sosial pada praktik pemberdayaan masyarakat berkelanjutan di Kalurahan Patalan. Temuan tersebut dapat dikategorikan sebagai temuan yang baru karena secara komperhensif menganalisis dan membahas konsep konstruksi sosial pada praktik pemberdayaan masyarakat berkelanjutan berbasis SDGs. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui proses pembentukan kelompok sosial yang berbasis SDGs dan untuk mengetahui bagaimana proses pembentukan kelompok sosial (ternak) di Kalurahan Patalan secara mendalam dan untuk mengetahui efek kelompok sosial kembali ke individu untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi.

Metode penelitian yang diterapkan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan konstruksi sosial Peter L. Berger. Pendekatan ini digunakan untuk lebih memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian, seperti perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diperoleh peneliti secara langsung dari responden atau lokasi penelitian. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa konstruksi sosial tersebut menjadi peran penting dalam membentuk norma, hubungan, serta kolaborasi di dalam kelompok ternak dan memiliki peran yang relevan dengan Sustainable Development Goals (SDGs), karena tujuan mereka sejalan dengan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian, serta mencapai pembangunan berkelanjutan

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rini Raharti, Universitas Janabadra

Program Studi Ekonomi Pembangunan

Aditya Kurniawan, Universitas Janabadra

Program Studi Ekonomi Pembangunan

Aliftianna Widya Ningsih, Universitas Janabadra

Program Studi Ekonomi Pembangunan

References

Abdulshani. 2010. Sosiologi : skematika, teori dan terapan. Jakarta: Bumi Askara. Alisjahbana, Armida Salsiah. 2018. Menyongsong SDGs Kesiapan Daerah Daerah di Indonesia. Bandung: UNPAD Press.

Bappenas. 2022. “bappenas.†Diambil 24 April 2022 (http://bappenas.go.id).

Karman. 2015. ““Kontruksi Sosial Sebagai Gerakan Pemikiran (telaah teoritis terhadap kontruksi realitas Petter L. Beger).†Jurnal Pengembangan Komunikasi dan Informatika 5(3):3.

KEMENDESA PPDT 2020. 2020. “Kemendesa PPDT 2020.†Diambil 27 April 2022

(www.kemendesa.go.id).

Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Indeks. Manuaba, Ida Bagus Putera. 2008. Memahami Konstruksi Sosial. Jakarta: Masyarakat Kebudayaan dan Politik.

R.M. Macler & Charles H. Page. 1961. Society, An Introductory Analysis. London: Macmillan & Co.Ltd.

Rory. 1997. Pendekatan Konstruksi Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sari, Fatmala Sari. 2017. “Konstruksi Sosial Pemuda terhadap Pekerjaan Bidang Pertanian di Desa Sitemu Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang.â€

Soekanto, Soerjono, dan Budi Sulistyowati. 2013. Sosiologi suatu pengantar. Ed Revisi. Jakarta: Rajawali Pers ; Raja Grafindo Persada,.

Soerjono Soekanto. 2006. Sosiologi : suatu pengantar. Jakarta: Rajawali Pers ; Raja Grafindo Persada,.

Sunarto, Kamanto. 2004. Pengantar Sosiologi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Raharti, R., Kurniawan, A. and Ningsih, A. W. (2023) “KONSTRUKSI SOSIAL DALAM KELOMPOK TERNAK KALURAHAN PATALAN, KAPANEWON JETIS, KABUPATEN BANTUL DIY”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 10(3), pp. 271–280. doi: 10.31571/sosial.v10i3.6333.