Indigenisasi Kawruh Ki Ageng Suryomentaram dalam Pengembangan Projek Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar

Authors

  • Galih Istiningsih Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Dwitya Sobat Ady Dharma Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v10i2.6568

Keywords:

Indigenisasi, Kawruh, Ki Ageng Suryomentaram, Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kawruh Ki Ageng Suryomentaram dapat diintegrasikan dalam Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan jenis penelitian pustaka (library reseach). Metode penggalian data menggunakan metode dokumentasi tematis (mengumpulkan tulisan dengan tema Ki Ageng Suryomentaram dan Profil Pelajar Pancasila). Analisis data menggunakan analisis isi (content analysis) dengan tahapan deskripsi, reduksi, dan seleksi. Hasil penelitian adalah konsep kawruh pamomong berupa aspek sumerep, raos sih, dan keindahan. Karakter yang perlu dimiliki oleh pendidik ialah mulur mungkret yang dapat diimplementasikan dengan rumus nemsa (enam sa), yaitu sabutuhe, sacukupe, saperlune, sabenere, samestine, dan sapenake. Integrasi Kawruh Pamomong ini dilakukan dengan alur menentukan tema pilihan, pemberian opsi tema, penentuan topik, dan pelaksanaan. Selain itu, integrasi dilaksanakan dengan menentukan dimensi Profil Pelajar Pancasila, elemen, sub-elemen, dan target pencapaian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alhamuddin, A. (2014). Sejarah Kurikulum di Indonesia (Studi Analisis Kebijakan Pengembangan Kurikulum). Nur El-Islam, 1(2), 48-58.

Arikunto, S. (1995). Sarasehan (Rountable) sebagai Teknik dalam Implementasi Kurikulum Muatan Lokal. Dinamika Pendidikan, 2(2).

Blair, N., Stonechild, B., Goulet, L., Cook, B., Rowland, D., Sammel, A., & Whatman, S. (2020). A dialogue around Indigenizing education and emerging themes. Indigenizing education: Discussions and case studies from Australia and Canada, 3-28.

El-'Ashiy. (2011). Makrifat Jawa untuk Semua. Jakarta: Serambi.

El-Zastrouw, N. (2020). Menuju Sosiologi Nusantara: Analisa Sosiologis Ajaran Ki Ageng Suryomentaram dan Amanat Galunggung. ISLAM NUSANTARA: Journal for the Study of Islamic History and Culture, 1(1), 89-144.

Gularso, D., Sugito, S., & Zamroni, Z. (2019). What Kind Of Relationship Is Between Ki Ageng Suryomentaram And Ki Hadjar Dewantara?: Two Figures Of Indonesian Education. Journal of Physics: Conference Series, 1254(1), 012003. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1254/1/012003

Gularso, D., Sugito, S., & Zamroni, Z. (2019). Kawruh pamomong: children education based on local wisdom in Yogyakarta. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 38(2), 343-355.

Hill, R., Adem, Ç., Alangui, W. V., Molnár, Z., Aumeeruddy-Thomas, Y., Bridgewater, P., ... & Xue, D. (2020). Working with indigenous, local and scientific knowledge in assessments of nature and nature’s linkages with people. Current Opinion in Environmental Sustainability, 43, 8-20.

Insani, F. D. (2019). Sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia sejak awal kemerdekaan hingga saat ini. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 43-64.

Istiningsih, G., & Dharma, D. S. A. (2021). Integrasi nilai karakter diponegoro dalam pembelajaran untuk membentuk profil pelajar pancasila di sekolah dasar. Kebudayaan, 16(1), 25-42.

Jordan, K., (2021). Indigenization of Post-Secondary Education - What does Indigenization look like in practice?, Canadian Union of Public Employees. Canada. Retrieved from https://policycommons.net/artifacts/2102789/indigenization-of-post-secondary-education/2858087/ on 01 Apr 2023. CID: 20.500.12592/4nkz02.

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138-151. https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.402

Kamal, F., & Wahyuningrum, Z. I. (2019). Aktualisasi Ajaran Ki Ageng Suryomentaram Sebagai Basis Pendidikan Karakter. JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar), 1(2).

Kemdikbud. (2020). Kajian Pengembangan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kemdikbud.

Kemdikbudristek. (2020). Strategic Plan of the Ministry of Education and Culture for the Year 2020-2024. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbudristek. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbudristek. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Kemendikbudristek. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi

Keputusan menteri pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi republik indonesia nomor 56/M/2022 tentang pedoman penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/ dokumen/salinan/salinan_20220215_093900_Salinan%20Kepmendikbudristek%20No.56%20ttg%20Pedoman%20Penerapan%20Kurikulum.pdf

Malmer, P., Tengö, M., Fernandez-Llamazares Onrubia, A., Woodward, E. R., Crawhall, N., Hill, R., ... & Tahi, B. (2019). Dialogue across Indigenous, local and scientific knowledge systems reflecting on the IPBES Assessment on Pollinators, Pollination and Food Production. https://www.ipbes.net/sites/default/files/dialogue_on_ilk_in_pollinator_assessment_181107_0_0.pdf

Manurung, L. (2019). Sejarah Kurikulum di Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 5(2), 88-95.

McElwee, P., Fernándezâ€Llamazares, Ã., Aumeeruddyâ€Thomas, Y., Babai, D., Bates, P., Galvin, K., ... & Brondízio, E. S. (2020). Working with Indigenous and local knowledge (ILK) in largeâ€scale ecological assessments: Reviewing the experience of the IPBES Global Assessment. Journal of Applied Ecology, 57(9), 1666-1676.

Muniroh, A. (2018, April). Kawruh Pamomong Ki Ageng Suryomentaram: Prinsip-prinsip moral untuk mengoptimalkan pendidikan empati pada anak. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (No. Series 2, pp. 742-750).

Nisak, K. (2018). Implementasi Kawruh Pamomong Pada Anak Usia Dini Di TK Siap Bhakti 02 Segiri Pabelan Semarang. Jurnal Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 1(2), 11-16.

Rahardjo, D. (2017). Kemiskinan Pemikiran dalam Kajian Islam di Indonesia. Pengantar dalam Syarifuddin J urdi (Ed.), Sosiologi Profetik Paradigma Islam untuk Studi Sosial Kemanusiaan (pp. 7-16). Yogyakarta: Gramasurya.

Raharjo, A. S., & Saputri, E. R. I. (2021). Indigenous Knowledge-Based Education in Sanggar Alam (Salam) Yogyakarta, Indonesia. KnE Social Sciences, 473-492.

Rahman, S. A. (2021). Pembentukan Karakter Muslim Melalui Pendidikan Indigenous di Indonesia. Tarlim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 13-24.

Saputri, D. D. (2017). Penerapan Pembelajaran Menggunakan Metode Mulur Mungkret di Kelas VI SD Sendangsari Pajangan Bantul (Tinjauan Terhadap Konsep Dan Pemikiran Ki Ageng Suryomentaram). Prodi PGSD: Universitas PGRI Yogyakarta.

Stewart, G. (2018) What does ‘indigenous’ mean, for me?, EducationalPhilosophy and Theory, 50:8, 740-743, DOI: 10.1080/00131857.2017.1302050.

Stange, P. (2007). Politik Perhatian: Rasa dalam Kebudayaan Jawa (2 ed.). LKiS Yogyakarta.

Subur, S., & Syauqi, C. (2022). The Concept of Kawruh Jiwa and Pamomong in The Perspective of Ki Ageng Suryomentaram. IBDA`: Jurnal Kajian Islam Dan Budaya, 20(1), 95–109. https://doi.org/10.24090/ibda.v20i1.6183.

Sudrajat, A. (2017). Tapak-Tapak Kecil Indigenisasi Ilmu-Ilmu Sosial: Pengalaman Membangun Diskursus Alternatif di Fakutas Ilmu Sosial UNY. Meneguhkan Ilmu-Ilmu Sosial Keindonesiaan, http://repository.lppm.unila.ac.id/6910/1/Trinsnaningsih%20buchori%20FINAL%20PROSIDING%20MISK%20FIS%20MEI%202017-UNY_1.pdf

Sugiarto, R. (2015). Psikologi Raos Saintifikasi Kawruh Jiwa Ki Ageng Suryomentaram. Yogyakarta: Pustaka Ifada.

Suryomentaram. (1986). Ajaran-Ajaran Ki Ageng Suryomentaram Jilid III. Jakarta: Inti Idayu Press.

Suryomentaram, G. (1993). Kawruh Jiwa Wejanganipun Ki Ageng Suryomentaram jilid 1 cetakan pertama. Jakarta: Haji Masagung

Trinarso, A. P. (2015). Ilmu Kawruh Bejo Ki Ageng Suryamentaram. Jurnal Filsafat, 67–82.

Widyawati, A. S. A., & Gularso, D. (2018). Pengaruh Kawruh Pamomong Guru Terhadap Karakter Siswa Kelas V SD Se-Kecamatan Sewon Bantul. Jurnal PGSD Indonesia, 4(2), 7-7.

Wiratmaja, I. N., Suacana, I. W. G., & Sudana, I. W. (2021). Penggalian Nilai-Nilai Pancasila Berbasis Kearifan Lokal Bali Dalam Rangka Penguatan Wawasan Kebangsaan. POLITICOS: Jurnal Politik dan Pemerintahan, 1(1), 43–52

Zubair, A. C. (2016). “Wasis Lantip Waskita†Tataran Etika Epistemik Jawa: Reinterpretasi dan Relevansi Gagasan Ki Ageng Suryomentaram. Respons: Jurnal Etika Sosial, 21(02). https://doi.org/10.25170/respons.v21i02.440

Downloads

Published

2023-09-20

How to Cite

Istiningsih, G. and Dharma, D. S. A. (2023) “Indigenisasi Kawruh Ki Ageng Suryomentaram dalam Pengembangan Projek Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 10(2), pp. 191–208. doi: 10.31571/sosial.v10i2.6568.