INTERNALISASI TRADISI ROBO-ROBO SEBAGAI SUMBER SEJARAH LOKAL DI KELAS X SMA NEGERI 2 KABUPATEN MEMPAWAH

Authors

  • Suwarni Suwarni Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas IPPS IKIPPGRI Pontianak Jl. Ampera No.88 Pontianak
  • Mutiah Ulfah Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas IPPS IKIPPGRI Pontianak Jl. Ampera No.88 Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v4i2.657

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui internalisasi tradisi Robo-Robo sebagai sumber sejarah lokal di kelas X SMA Negeri 2 Kabupaten Mempawah. Metode penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Bentuk penelitian menggunakan studi kasus. Sumber data penelitian adalah informan/narasumber, tempat/lokasi, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung, komunikasi langsung, dan studi dokumenter. Validitas data dengan teknik triangulasi. Teknik analisis data meliputi data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian adalah penyampaian materi dilakukan oleh guru dengan optimal, guru tidak hanya menyampaikan materi pelajaran sejarah, namun juga menghubungkannya dengan sejarah lokal yang terdapat di sekitar siswa. Strategi dilaksanakan dengan menjelaskan fakta-fakta sejarah yang dekat dengan kehidupan disekitar siswa. Pemahaman siswa terhadap tradisi Robo-Robo sebagai sumber sejarah lokal terlihat dari keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran.

 

Kata Kunci:  internalisasi, tradisi Robo-Robo, sumber sejarah lokal.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-28

How to Cite

Suwarni, S. and Ulfah, M. (2017) “INTERNALISASI TRADISI ROBO-ROBO SEBAGAI SUMBER SEJARAH LOKAL DI KELAS X SMA NEGERI 2 KABUPATEN MEMPAWAH”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(2), pp. 188–197. doi: 10.31571/sosial.v4i2.657.