ANALISIS PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KURIKULUM 2013

Authors

  • Muhammad Sadikin Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas IPPS IKIP PGRI Pontianak Jalan Ampera Nomor 88 Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v4i2.660

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis: (1) Perencanaan pembelajaran sejarah dengan pendekatan saintifik; (2) Pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan pendekatan saintifik; (3) Proses evaluasi dalam pembelajaran sejarah dengan pendekatan saintifik; dan (4) Kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran sejarah dengan pendekatan saintifik. Penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri Ketapang Kalimantan Barat. Bentuk penelitian deskriptif  kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus tunggal terpancang. Siswa kelas XI menjadi subjek dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumen/arsip. Validasi data dilakukan melalui triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru telah menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan pendekatan saintifik; (2) Proses pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan pendekatan saintifik; (3) Teknik penilaian pembelajaran sejarah dengan pendekatan saintifik yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik; dan (4) Kendala yang dihadapi adalah minimnya sumber belajar, pemahaman guru tentang pembelajaran sejarah, dan ketidaksesuaian antara silabus dengan buku siswa.

 

Kata Kunci: Kurikulum 2013, pembelajaran sejarah, pendekatan saintifik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-28

How to Cite

Sadikin, M. (2017) “ANALISIS PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KURIKULUM 2013”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(2), pp. 219–227. doi: 10.31571/sosial.v4i2.660.