PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KETERAMPILAN VARIASI MENGAJAR DOSEN

Authors

  • Loli Setriani Program Studi Pendidikan Geografi STKIP PGRI Sumatera Barat Jl. Gn. Pangilun, Gn. Pangilun, Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat 25173

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v4i2.662

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendapatkan, menganalisis, dan menginterpretasi data keterampilan mengadakan variasi mengajar dosen pada mata kuliah Strategi Belajar Mengajar di Program Studi Pendidikan Geografi STKIP PGRI Sumbar. Jenis penelitian adalah deskriptif. Populasi penelitian adalah mahasiswa BP 2013 A dan B Program Studi Pendidikan Geografi STKIP PGRI Sumatera Barat Semester Ganjil 2016/2017. Penentuan sampel menggunakan teknik total sampling dengan jumlah 70 responden. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Kualitas variasi suara dosen menurut persepsi mahasiswa cukup baik dengan persentase 47,80%; (2) Kualitas pemusatan perhatian dosen menurut persepsi mahasiswa cukup baik dengan persentase 45,70%; (3) Kualitas kesenyapan yang diciptakan dosen menurut persepsi mahasiswa cukup baik dengan persentase 49,72%; (4) Kualitas kontak pandang dosen menurut persepsi mahasiswa cukup baik dengan persentase 48,80%; (5) Kualitas mimik dan gerak badan dosen menurut persepsi  mahasiswa cukup baik dengan persentase 55,80%; dan (6) Kualitas pergantian posisi dosen menurut persepsi mahasiswa cukup baik dengan persentase 53,90%.

 

Kata Kunci: persepsi mahasiswa, keterampilan, variasi mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-28

How to Cite

Setriani, L. (2017) “PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KETERAMPILAN VARIASI MENGAJAR DOSEN”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(2), pp. 238–246. doi: 10.31571/sosial.v4i2.662.