PRINSIP MORAL DALAM PANDANGAN ILMU HADITS MULTIKULTURAL

Authors

  • Fery Yanto UNIVERSITAS ISLAM MALANG
  • Abdus Somad Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v10i3.6882

Abstract

Penelitian ini membahas satu hadits yang terdapat di kitab Hadits Abu Daud Nomor 4202. Hadits ini disampaikan oleh Maimun bin Abu Syabib dan menyajikan kisah ketika seorang peminta-minta menerima remukan roti dari 'Aisyah, sementara seorang laki-laki berpakaian rapi, memiliki jabatan diberi jamuan makan olehnya. Dalam hadits ini, 'Aisyah menjelaskan bahwa perilaku itu sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW yang menyatakan, "Perlakukanlah manusia sesuai dengan kedudukannya." Penelitian ini akan menganalisis konteks dan implikasi dari pernyataan Nabi SAW itu, menggali pemahaman lebih dalam tentang nilai-nilai sosial dan etika Islam terkait perlakuan terhadap berbagai lapisan masyarakat. Metode penelitian melibatkan analisis teks hadits, serta kajian literatur terkait konsep-konsep seperti adab (etika) dan ukhuwah (persaudaraan) dalam Islam.Tujuannya ialah mengungkap makna hadits ini dalam konteks lebih luas dan merinci. Implikasi praktisnya dalam kehidupan sehari-hari umat Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pemahaman, khususnya tentang ajaran Islam terkait perlakuan terhadap sesama, dengan menjelaskan pentingnya memperlakukan setiap individu sesuai dengan kedudukannya dalam masyarakat.

Kata Kunci: Hadits, Moral, Analisis

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fery Yanto, UNIVERSITAS ISLAM MALANG

Universitas Islam Malang

Abdus Somad, Universitas Islam Malang

Universitas Islam Malang

References

Abu Dawud, Sunan Abu Dawud, Beirut: Maktabah al-‘Is}riyah, t.t

Ahmad ibn Hanbal, al-Musnad, t.k: Mu’assasah al-Risalah, 2001.

Amin, Ahmad. D}uha al-Islam, vol 2. Kairo: Maktabah, al- Nahd}ah al-Mis}riyyah, 1956

Aplikasi Android 5.0 Jami’ul kutub At-tis’ah Arabia For Information & Technology, 2016

Aplikasi Android Ensi Hadits 2010 (www.dar-us-salam.com)

Bukahri (al), Sahih al-Bukhari, Vol. 3. t.k.: Dar al-T}uq al- Najah, 1422.

Mz, S. R. (2018). Akhlak Islami Perspektif Ulama Salaf. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), 67

Tambak, S. (2016). Metode Drill dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal

Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 13(2), 110–127

Asming Yalawae, A. (2015). Akhlak Warisan Rasulullah SAW Membawa Kemuliaan Umat. Jurnal Usuluddin, Volume 26(Issue 26).

Bafadhol, I. (2017). Pendidikan Akhlak dalam Persfektif Islam. Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 06(12), 45–61.

Darmalaksana, W. (2020). Formula Penelitian Pengalaman Kelas Menulis. Jurnal Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Fatimatuzahroh, F., Nurteti, L., & Koswara, S. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Metode Lectures Vary. JurnalPenelitian Pendidikan Islam, 7(1), 35.

Gunawan, I. (2013). KUALITATIF Imam Gunawan. Pendidikan,143.

Habibah, S. (2015). Akhlak Dan Etika Dalam Islam. Jurnal Pesona Dasar, 1(4),73–87.

Hakim, M. (2016). Sistem Pakar Mengidentifikasi Jenis Hadis Menggunakan Metode Forward Chaining. Semnastikom, 217–219.

Husin, N. (2015). Hadis-hadis Nabi SAW. Tentang Pembinaan Akhlak. An-Nur, 4(1), 14–40.

Imron, A. (2018). Pandangan Islam Tentang Akhlak Dan Perubahan Serta Konseptualisasinya Dalam Pendidikan Islam. Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam, 18(2), 117–134.

Juwita, D. R. (2018). Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini Di Era Millennial. Ilmu Tarbiyah, 7(2), 282–314.

Marzuki, M. (2009). Pembinaan Akhlak Mulia Dalam Berhubungan Antar Sesama Manusia Dalam Perspektif Islam. Humanika, 9(1), 25–38.

Maulida, A. (2013). Konsep dan Desain Pendidikan Akhlak dalam Islamisasi Pribadi dan Masyarakat. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 02(Juli), 397–407.

Mohammad Fajar Septian1, Wahyudin Darmalaksana2,Mulyana3, M. F. (2021). Gunung Djati Conference Series, Volume 1 (2021) Conference on Islamic and Socio-Cultural Studies (CISS 2020). 1, 155–160.

Mustopa, M. (2014). Akhlak Mulia dalam Pandangan Masyarakat. Nadwa, 8(2), 261.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Yanto, F. and Somad, A. (2023) “PRINSIP MORAL DALAM PANDANGAN ILMU HADITS MULTIKULTURAL ”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 10(3), pp. 307–325. doi: 10.31571/sosial.v10i3.6882.