PRINSIP MORAL DALAM PANDANGAN ILMU HADITS MULTIKULTURAL
DOI:
https://doi.org/10.31571/sosial.v10i3.6882Abstract
Penelitian ini membahas satu hadits yang terdapat di kitab Hadits Abu Daud Nomor 4202. Hadits ini disampaikan oleh Maimun bin Abu Syabib dan menyajikan kisah ketika seorang peminta-minta menerima remukan roti dari 'Aisyah, sementara seorang laki-laki berpakaian rapi, memiliki jabatan diberi jamuan makan olehnya. Dalam hadits ini, 'Aisyah menjelaskan bahwa perilaku itu sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW yang menyatakan, "Perlakukanlah manusia sesuai dengan kedudukannya." Penelitian ini akan menganalisis konteks dan implikasi dari pernyataan Nabi SAW itu, menggali pemahaman lebih dalam tentang nilai-nilai sosial dan etika Islam terkait perlakuan terhadap berbagai lapisan masyarakat. Metode penelitian melibatkan analisis teks hadits, serta kajian literatur terkait konsep-konsep seperti adab (etika) dan ukhuwah (persaudaraan) dalam Islam.Tujuannya ialah mengungkap makna hadits ini dalam konteks lebih luas dan merinci. Implikasi praktisnya dalam kehidupan sehari-hari umat Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pemahaman, khususnya tentang ajaran Islam terkait perlakuan terhadap sesama, dengan menjelaskan pentingnya memperlakukan setiap individu sesuai dengan kedudukannya dalam masyarakat.
Kata Kunci: Hadits, Moral, Analisis
Downloads
References
Abu Dawud, Sunan Abu Dawud, Beirut: Maktabah al-‘Is}riyah, t.t
Ahmad ibn Hanbal, al-Musnad, t.k: Mu’assasah al-Risalah, 2001.
Amin, Ahmad. D}uha al-Islam, vol 2. Kairo: Maktabah, al- Nahd}ah al-Mis}riyyah, 1956
Aplikasi Android 5.0 Jami’ul kutub At-tis’ah Arabia For Information & Technology, 2016
Aplikasi Android Ensi Hadits 2010 (www.dar-us-salam.com)
Bukahri (al), Sahih al-Bukhari, Vol. 3. t.k.: Dar al-T}uq al- Najah, 1422.
Mz, S. R. (2018). Akhlak Islami Perspektif Ulama Salaf. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), 67
Tambak, S. (2016). Metode Drill dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal
Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 13(2), 110–127
Asming Yalawae, A. (2015). Akhlak Warisan Rasulullah SAW Membawa Kemuliaan Umat. Jurnal Usuluddin, Volume 26(Issue 26).
Bafadhol, I. (2017). Pendidikan Akhlak dalam Persfektif Islam. Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 06(12), 45–61.
Darmalaksana, W. (2020). Formula Penelitian Pengalaman Kelas Menulis. Jurnal Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Fatimatuzahroh, F., Nurteti, L., & Koswara, S. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Metode Lectures Vary. JurnalPenelitian Pendidikan Islam, 7(1), 35.
Gunawan, I. (2013). KUALITATIF Imam Gunawan. Pendidikan,143.
Habibah, S. (2015). Akhlak Dan Etika Dalam Islam. Jurnal Pesona Dasar, 1(4),73–87.
Hakim, M. (2016). Sistem Pakar Mengidentifikasi Jenis Hadis Menggunakan Metode Forward Chaining. Semnastikom, 217–219.
Husin, N. (2015). Hadis-hadis Nabi SAW. Tentang Pembinaan Akhlak. An-Nur, 4(1), 14–40.
Imron, A. (2018). Pandangan Islam Tentang Akhlak Dan Perubahan Serta Konseptualisasinya Dalam Pendidikan Islam. Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam, 18(2), 117–134.
Juwita, D. R. (2018). Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini Di Era Millennial. Ilmu Tarbiyah, 7(2), 282–314.
Marzuki, M. (2009). Pembinaan Akhlak Mulia Dalam Berhubungan Antar Sesama Manusia Dalam Perspektif Islam. Humanika, 9(1), 25–38.
Maulida, A. (2013). Konsep dan Desain Pendidikan Akhlak dalam Islamisasi Pribadi dan Masyarakat. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 02(Juli), 397–407.
Mohammad Fajar Septian1, Wahyudin Darmalaksana2,Mulyana3, M. F. (2021). Gunung Djati Conference Series, Volume 1 (2021) Conference on Islamic and Socio-Cultural Studies (CISS 2020). 1, 155–160.
Mustopa, M. (2014). Akhlak Mulia dalam Pandangan Masyarakat. Nadwa, 8(2), 261.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fery Yanto, Abdus Somad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Sosial Horizon prior to the publication.