PENDIDIKAN MULTIKULTURAL KAJIAN HISTORI

Authors

  • firdaus UIN Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v10i3.6885

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan tentang pendidikan multikultural merupakan fenomena yang relatif baru. Dapat dikatakan bahwa pendidikan multikultural belum dikenal sebelum Perang Dunia II. Sebaliknya, pendidikan dijadikan sebagai alat politik untuk memperkuat kapasitas sistem pendidikan dalam memonopoli sekelompok orang tertentu. Menurut definisi lain, pendidikan antar budaya merupakan suatu konsep baru dalam masyarakat yang menekankan penghormatan terhadap semua orang, termasuk persamaan akses terhadap pendidikan. Dengan kata lain, karena kuatnya realitas budaya dan agama, maka pendidikan multikultural tidak dilakukan. Era reformasi menyoroti pentingnya pendidikan multikultural sebagai komponen kunci pembangunan nasional Indonesia.

Kata Kunci : Pendidikan Multikultural, Kajian Histori

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-31 — Updated on 2023-12-31

How to Cite

firdaus (2023) “PENDIDIKAN MULTIKULTURAL KAJIAN HISTORI”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 10(3), pp. 326–340. doi: 10.31571/sosial.v10i3.6885.