Sex Education Asertif Normatif untuk Mengurangi Sexual Harassment Remaja Early di Kota Bandung
DOI:
https://doi.org/10.31571/sosial.v11i2.6963Abstract
Sex education merupakan topik yang dianggap tabu oleh banyak orang, khususnya di Indonesia. Padahal, pendidikan mengenai seks sangat dibutuhkan oleh semua orang bahkan sejak usia dini. Minimnya pengajaran sex education menimbulkan beberapa efek di kalangan anak muda Indonesia seperti pergaulan bebas, bahkan dapat memberikan efek yang lebih dalam. Dalam pelaksanaannya peneliti memberikan edukasi yang berfokus pada layanan bimbingan ataupun edukasi terhadap kekerasan seksual, dengan mengetahui sex education asertif normatif dapat mengurangi sexual harrasment pada remaja early di SMP Negeri 26 Bandung. Riset ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan desain pre-eksperimen one group pretest-posttest yaitu melakukan pre-test, treatment dan post-test. Hal ini dikarenakan kelas yang kita gunakan tidak menggunakan kelas control dan treatment yang dilakukan bukan yang umum dilakukan di kelas pembelajaran sekolah. Treatment yang dilakukan berbentuk sosialisasi tentang Sex Education Asertif Normatif Untuk Mengurangi Sexual Harassment Remaja Early. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel convenience yaitu menggunakan kelompok-kelompok yang sudah terbentuk secara alamiah misalnya sebuah kelas. Dimana menggunakan teknik random sampling untuk menentukan 93 partisipan dari jumlah populasi 830 siswa. Teknik analisis data riset ini adalah statistik inferensial menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis wilcoxon. Hasil riset ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada kategori sangat baik pengetahuan mengenai Sex Education Asertif Normatif untuk Mengurangi Sexual Harassment Remaja Early setelah mendapatkan treatment berupa sosialisasi. Sex Education Asertif Normatif untuk Mengurangi Sexual Harassment Remaja Early sangat bermanfaat untuk diimplementasikan pada setiap jenjang Pendidikan menengah untuk mengurangi sexual harassment di kalangan remaja early.
Downloads
References
Adam, G. (2019). Pendidikan Seks Bagi Anak Usia Dini Di Desa Satar Lenda, Kecamatan Satar Mese Barat, Kabupaten Manggarai. Randang Tana-Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 71-78.
Alberti, R., & Emmons, M. (2017). Your perfect right: Assertiveness and equality in your life and relationships. New Harbinger Publications.
Buanasari, A. (2021). Asuhan Keperawatan Sehat Jiwa pada Kelompok Usia Remaja. Tohar Media.
Clairine, F., & Widayatmoko, W. (2019). Pengaruh Motif Penggunaan Media Sosial Instagram@ sisilism Terhadap Kepuasan Followers Terkait Sex Education. Koneksi, 3(1), 228-235.
Creswell, J. W & Poth, C. (2016). Qualitative inquiry and research design: CHoosing among five approaches. Edisi ke-4. Sage Publisher. Canada.
DeVito, J. A. (2013). Interpersonal Communication Book, The, 13/E. New York, NY: United.
Fathimiyah, I., Amartha, V. A., Rahayuwati, L., & Rafiyah, I. (2018). Self-Esteem, Assertiveness, And Sexual Behavior In Adolescent Girls. In International Conference on Heath Care and Management 2018 (Vol. 1, No. 1).
Kelly, A. (2018). Talkabout: A social communication skills package. Routledge.
Maggio, R. (2013). Sukses Berbicara dengan Siapa Saja. Gramedia Pustaka Utama.
Mansoben, N., & Pangaribuan, S. (2020). Pengaruh penyuluhan kesehatan reproduksi remaja dan gaya pacaran sehat terhadap pengetahuan dan sikap remaja. Global Health Science, 5(4), 191-195.
Nasri, D., & Koentjoro, K. (2015). Pelatihan Asertivitas Normatif Terhadap Perilaku Seksual Pranikah Pada Wanita Bermasalah Sebagai Upaya Preventif. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(2), 268-286.
Oktavia, J. N., & Mansur, H. (2021). Efektifitas Metode Sex Education Terhadap Sikap Remaja. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 10(2), 141-151.
Ulinuha, S., & Herfanda, E. (2017). Pengaruh Penyuluhan Sex Education Terhadap Pengetahuan Tentang Seks Bebas Pada Siswa Kelas VII SMP 1 Sedayu (Doctoral dissertation, Universitas' Aisyiyah Yogyakarta).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Citra, Enjelika, Nida, Iqbal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Sosial Horizon prior to the publication.