Mengukur Respons Sosial Kemanusiaan dalam Membantu Sesama di Lingkungan Kampus

Authors

  • jiskha dhita tamia jiskha Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v11i2.7439

Abstract

Penelitian ini mengilustrasikan pentingnya respons sosial dan kemanusiaan di lingkungan kampus serta usaha untuk mengukur dan memahami tanggapannya. Dengan menggunakan metode eksperimen sosial dan wawancara, penelitian ini mengkaji bagaimana respons mahasiswa terhadap situasi-situasi yang membutuhkan perhatian dan tindakan bantuan di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa menunjukkan empati yang kuat dan secara aktif memberikan tindakan bantuan dalam situasi-situasi tersebut. Ini memperkuat gagasan bahwa kampus dapat menjadi lingkungan yang mendukung untuk pertumbuhan dan perkembangan nilai-nilai kemanusiaan sosial Selain itu, penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana nilai-nilai tersebut dapat diintegrasikan dan ditingkatkan melalui program-program pendidikan di kampus. Dengan demikian, penelitian ini berkontribusi pada pemahaman yang lebih baik tentang dinamika sosial di kalangan mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Billah, H. U., Yunita, A., Pratama, M. A., Kembara, M. D., Pendidikan, P. S., Fakultas, K., & Pendidikan, I. 2023. Kesadaran Berpancasila Dalam Mempertahankan Identitas Nasional, Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(2), 113–121. https://ejurnal.stietrianandra.ac.id/index.php/JUBPI/article/view/1373

Creswell, J. W., & Sinley, R. C. (2017). Entwicklung eines kulturspezifischen gemischten Methodenansatzes zur globalen Forschung. Kolner Zeitschrift Fur Soziologie Und Sozialpsychologie, 69, 87–105. https://doi.org/10.1007/s11577-017-0453-2

Galuh Fazry Yanuar, Maulia Depriya Kembara, Rodihati Rodihati, & Sabrina Alfarissy Nur Hakim. (2023). Pengetahuan Pelajar Tentang Nilai-Nilai Pancasila Untuk Mempertahankan Ideologi Negara. Garuda: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat, 1(1), 55–69.

Hakim, A. R. N., Yani, N. A. A., Nurlatifah, Y. H., & Kembara, M. D. (2023). Pentingnya Penggunaan Bahasa Indonesia di Lingkungan Kampus sebagai Identitas Nasional terhadap Persatuan. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 232–242. https://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/insdun/article/view/797

Jannah, H. M., Qolbi, I. N., Fuadi, N. N., & Kembara, M. D. (2023). Korelasi Penegakkan Etika Pancasila dalam Mengatasi Kasus Kekerasan Seksual di Kampus. Garuda: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat, 1(2), 76–88.

Muhamadi, S., & Hasanah, A. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Peduli Sesama Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Relawan. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 95–114. https://doi.org/10.14421/jpai.2019.161-06

Muhlis, A., & Norkholis, N. (2016). ANALISIS TINDAKAN SOSIAL MAX WEBER DALAM TRADISI PEMBACAAN KITAB MUKHTASHAR AL-BUKHARI (Studi Living Hadis). Jurnal Living Hadis, 1(2), 242. https://doi.org/10.14421/livinghadis.2016.1121

Pitaloca, D., Anrose, N. I. K., Daniswara, N. A., & Kembara, M. D. (2023). Implementasi NilaiNilai Pancasila dalam Menanggulangi Pelecehan Seksual di Lingkungan Masyarakat. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat, 1(2), 97–105. https://doi.org/10.59581/jpkfwidyakarya.v1i2.399

Putra, A., & Suryadinata, S. (2020). Menelaah Fenomena Klitih di Yogyakarta Dalam Perspektif Tindakan Sosial dan Perubahan Sosial Max Weber. Asketik, 4(1), 1–21. https://doi.org/10.30762/ask.v4i1.2123

Putri, Nida, Nur, Azizah, Kesya, Adelia Avianika, and Depriya, Maulia Kembara. 2023. “Peran Pancasila Sebagai Upaya Membangun Etika Anak Berkebutuhan Khusus Di Masyarakat.” GARUDA: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat, 1 (2): 89–96. https://doi.org/10.59581/jpkf-widyakarya.v1i2.389.

Sujana, K., Hariyadi, S., & Purwanto, E. (2018). Hubungan Antara Sikap Dengan Perilaku Peduli Lingkungan Pada Mahasiswa. Jurnal Ecopsy, 5(2), 81. https://doi.org/10.20527/ecopsy.v5i2.5026

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

jiskha, jiskha dhita tamia (2024) “Mengukur Respons Sosial Kemanusiaan dalam Membantu Sesama di Lingkungan Kampus”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 11(2), pp. 200–210. doi: 10.31571/sosial.v11i2.7439.