Mengukur Respons Sosial Kemanusiaan dalam Membantu Sesama di Lingkungan Kampus
DOI:
https://doi.org/10.31571/sosial.v11i2.7439Abstract
Penelitian ini mengilustrasikan pentingnya respons sosial dan kemanusiaan di lingkungan kampus serta usaha untuk mengukur dan memahami tanggapannya. Dengan menggunakan metode eksperimen sosial dan wawancara, penelitian ini mengkaji bagaimana respons mahasiswa terhadap situasi-situasi yang membutuhkan perhatian dan tindakan bantuan di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa menunjukkan empati yang kuat dan secara aktif memberikan tindakan bantuan dalam situasi-situasi tersebut. Ini memperkuat gagasan bahwa kampus dapat menjadi lingkungan yang mendukung untuk pertumbuhan dan perkembangan nilai-nilai kemanusiaan sosial Selain itu, penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana nilai-nilai tersebut dapat diintegrasikan dan ditingkatkan melalui program-program pendidikan di kampus. Dengan demikian, penelitian ini berkontribusi pada pemahaman yang lebih baik tentang dinamika sosial di kalangan mahasiswa.
Downloads
References
Billah, H. U., Yunita, A., Pratama, M. A., Kembara, M. D., Pendidikan, P. S., Fakultas, K., & Pendidikan, I. 2023. Kesadaran Berpancasila Dalam Mempertahankan Identitas Nasional, Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(2), 113–121. https://ejurnal.stietrianandra.ac.id/index.php/JUBPI/article/view/1373
Creswell, J. W., & Sinley, R. C. (2017). Entwicklung eines kulturspezifischen gemischten Methodenansatzes zur globalen Forschung. Kolner Zeitschrift Fur Soziologie Und Sozialpsychologie, 69, 87–105. https://doi.org/10.1007/s11577-017-0453-2
Galuh Fazry Yanuar, Maulia Depriya Kembara, Rodihati Rodihati, & Sabrina Alfarissy Nur Hakim. (2023). Pengetahuan Pelajar Tentang Nilai-Nilai Pancasila Untuk Mempertahankan Ideologi Negara. Garuda: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat, 1(1), 55–69.
Hakim, A. R. N., Yani, N. A. A., Nurlatifah, Y. H., & Kembara, M. D. (2023). Pentingnya Penggunaan Bahasa Indonesia di Lingkungan Kampus sebagai Identitas Nasional terhadap Persatuan. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 232–242. https://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/insdun/article/view/797
Jannah, H. M., Qolbi, I. N., Fuadi, N. N., & Kembara, M. D. (2023). Korelasi Penegakkan Etika Pancasila dalam Mengatasi Kasus Kekerasan Seksual di Kampus. Garuda: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat, 1(2), 76–88.
Muhamadi, S., & Hasanah, A. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Peduli Sesama Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Relawan. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 95–114. https://doi.org/10.14421/jpai.2019.161-06
Muhlis, A., & Norkholis, N. (2016). ANALISIS TINDAKAN SOSIAL MAX WEBER DALAM TRADISI PEMBACAAN KITAB MUKHTASHAR AL-BUKHARI (Studi Living Hadis). Jurnal Living Hadis, 1(2), 242. https://doi.org/10.14421/livinghadis.2016.1121
Pitaloca, D., Anrose, N. I. K., Daniswara, N. A., & Kembara, M. D. (2023). Implementasi NilaiNilai Pancasila dalam Menanggulangi Pelecehan Seksual di Lingkungan Masyarakat. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat, 1(2), 97–105. https://doi.org/10.59581/jpkfwidyakarya.v1i2.399
Putra, A., & Suryadinata, S. (2020). Menelaah Fenomena Klitih di Yogyakarta Dalam Perspektif Tindakan Sosial dan Perubahan Sosial Max Weber. Asketik, 4(1), 1–21. https://doi.org/10.30762/ask.v4i1.2123
Putri, Nida, Nur, Azizah, Kesya, Adelia Avianika, and Depriya, Maulia Kembara. 2023. “Peran Pancasila Sebagai Upaya Membangun Etika Anak Berkebutuhan Khusus Di Masyarakat.” GARUDA: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat, 1 (2): 89–96. https://doi.org/10.59581/jpkf-widyakarya.v1i2.389.
Sujana, K., Hariyadi, S., & Purwanto, E. (2018). Hubungan Antara Sikap Dengan Perilaku Peduli Lingkungan Pada Mahasiswa. Jurnal Ecopsy, 5(2), 81. https://doi.org/10.20527/ecopsy.v5i2.5026
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 jiskha dhita tamia jiskha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Sosial Horizon prior to the publication.