Pengembangan Glosarium Berbasis Android Pada Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Dewi Sulistiyarini IKIP PGRI Pontianak
  • Umi Liwayanti IKIP PGRI Pontianak
  • Febrianto Sabirin IKIP PGRI Pontianak
  • Radha Florida IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v11i2.7807

Keywords:

Glosarium; Pendidikan Agama Islam, Media Pembelajaran, Android

Abstract

Glosarium adalah kamus atau media yang berisi istilah dan pengertiannya pada materi tertentu. Media glosarium dikembangkan untuk memahami istilah yang terdapat pada materi agama islam. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses pengembangan glosarium, kelayakan, serta respon pengguna terhadap media glosarium yang dikembangkan pada mata kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI).  Penelitian ini juga diharapkan dapat memahasiswa mengetahui istilah-istilah yang ada pada agama islam. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode R&D dan model pengembangan yaitu ADDIE. Subjek pengembangan yaitu terdiri dari ahli media yaitu dosen yang ahli media dan sistem, serta ahli materi oleh dosen Pendidikan Agama Islam. Uji respon dilakukan kepada 30 orang mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak pada mata kuliah PAI. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data dalam penelitian menggunakan analisis data deskriptif. Hasil penelitian yaitu Glosarium telah diuji kelayakannya oleh dua ahli media dan ahli materi. Penilaian ahli media memperoleh skor 4,408 dengan kategori “sangat layak” dan penilaian ahli materi memperoleh skor 4,257 dengan kategori “sangat layak”. Respon pengguna terhadap media glosarium memperoleh skor 3,98 dengan kategori “baik”. Berdasarkan hasil pengujian ahli dan respon pengguna maka Glosarium dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran pada mata kuliah PAI Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dewi Sulistiyarini, IKIP PGRI Pontianak

Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi

Umi Liwayanti, IKIP PGRI Pontianak

Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi

Febrianto Sabirin, IKIP PGRI Pontianak

Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi

Radha Florida, IKIP PGRI Pontianak

Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi

References

Abdou, T., Kamthan, P., & Shahmir, N. (2019). Developing a Glossary for Software Projects. In Advanced Methodologies and Technologies in Network Architecture, Mobile Computing, and Data Analytics (Nomor January, hal. 7399–7410). IGI Global. https://doi.org/10.4018/978-1-5225-7598-6.ch100

Anggraini, F. S. (2019). Pengembangan Pendidikan Agama Islam Dalam Masyarakat Multikultural. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 106–121. https://www.jurnal.syekhnurjati.ac.id/index.php/tarbawi/article/download/5219/2806

Anggrini, L. S., Dewi Jumiarni, Irdam Idrus, Kasrina, Abdul Rahman, & Abas. (2023). Pengembangan Suplemen Penuntun Praktikum Mikrobiologi Berdasarkan Jumlah Mikroalga di Sungai Kampai Seluma. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 7(1), 9–20. https://doi.org/10.33369/diklabio.7.1.9-20

APJII. (2023). Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia Tahun 2022. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. www.apjii.or.id

Bilah, C. O., & Infantono, A. (2019). PengembanganAplikasi MobileKamus Istilah Aeronautika pada PlatformAndroidSesuai StandarISO 25010. Seminar Nasional Sains Teknologi dan Inovasi Indonesia, 1(1), 195–202.

Dirjen Pendidikan Tinggi. (2020). Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Kebudayaan RI No. 84/E/KPT/2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Mata Kuliah Wajib pada Kurikulum Pendidikan Tinggi. In Dirjen Perundang-Undangan (hal. 1–12). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. https://dpa.uii.ac.id/wp-content/uploads/2021/05/kepdirjen-dikti-nomo-84_e_kpt_2020-tentang-pedoman-pelaksanaan-mata-kuliah-wajib-pada-kurikulum-pendidikan-tinggi.pdf

Djohan, T. R. S., Andjarwirawan, J., & Santosa, T. (2018). Pembuatan Aplikasi Kamus Istilah Dunia Bisnis Berbasis Android. Jurnal Infra, 6(2), 74–80. http://publication.petra.ac.id/index.php/teknik-informatika/article/view/7488%0Ahttp://publication.petra.ac.id/index.php/teknik-informatika/article/viewFile/7488/6794

Driscoll, C. F., Freilich, M. A., Guckes, A. D., Knoernschild, K. L., & Mcgarry, T. J. (2017). The Glossary of Prosthodontic Terms: Ninth Edition. The Journal of prosthetic dentistry, 117(5), e1–e105. https://doi.org/10.1016/j.prosdent.2016.12.001

Fernando, F. (2020). Perancangan User Interface (Ui) & User Experience (Ux) Aplikasi Pencari Indekost Di Kota Padangpanjang. TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar, 7(2), 101. https://doi.org/10.26858/tanra.v7i2.13670

Fitriah. (2020). Developing Vocabulary Materials for Teaching Learning Process. JADEs: Journal of Academia in English Education, 1(1), 37–49. https://doi.org/10.32505/jades.v1i1.2688

Futaki, S. S., Marisa, F., & Wijaya, I. D. (2018). Aplikasi Kamus Istilah Kebudayaan Indonesia Berbasis Desktop Menggunakan Metode Fisher-Yates. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 3(1), 71–79. https://doi.org/10.37438/jimp.v3i1.91

Manullang, S. B. H., Saputra, I., & Waruwu, F. T. (2022). Perancangan Aplikasi Kamus Istilah Programming Dengan Metode Interpolation Search Berbasis Website. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), 6(1), 75–80. https://doi.org/10.30865/komik.v6i1.5790

Murdowo, D., Rachmawati, R., Adriyanto, A. R., & Prahara, G. A. (2021). Perancangan Prototipe Mobile Learning “Wawasan Kebangsaan” berbasis Android bagi Milenial sebagai Solusi Pembelajaran Situasi Pandemi. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(2), 375–388. https://doi.org/10.33633/andharupa.v7i2.4517

Nurhasanah, K., & Adi, R. S. (2018). Aplikasi Kamus Istilah Psikologi Berbasis Android. KOPERTIP : Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer, 2(1), 33–37. https://doi.org/10.32485/kopertip.v2i1.35

Nurjayanti. (2023). Pembuatan Aplikasi Kamus Ilmu Komunikasi Berbasis Smartphone sebagai Media Pembelajaran Mandiri. Ruang Komunitas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 68–78.

Oktarika, D., Sabirin, F., & Sulistiyarini, D. (2022). LITERA: Game edukasi literasi teknologi informasi dan komunikasi bermuatan pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 11(2), 165–179. https://doi.org/10.31571/saintek.v11i2.3585

Permana, R., Indrajit, R. E., Aryanti, R., & Yanto, A. B. H. (2018). Implementasi Model Information Retrieval Untuk Pencarian Konten Pada KUHP Berdasarkan Tingkatan Hukuman Terberat Di Indonesia. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 14(1), 89–96.

Purnama, E., Suryawati, E., & Zulfarina. (2020). Effects of Illustrated Glossary of Plant World Material on. Journal of Educational Sciences, 4(3), 469–477. https://doi.org/10.31258/jes.4.3.p.469-477

Romansyach, G. D., Saifudin, A., & Rofi’ah, S. (2023). Development of A Dictionary of Hospitality Terms As A Reading E-Book for Class XI Hospitality Accomodation Student in SMK N 3 Blitar. Project (Professional Journal of English Education), 6(4), 795–803. https://doi.org/10.22460/project.v6i4.p795-803

Sabirin, F., Mustofa, M., & Sulistiyarini, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran 3D Untuk Mata Kuliah Geologi Dasar. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 11(1), 57–70. https://doi.org/10.31571/saintek.v11i1.3607

Septian, M. F., & Burhendi, F. C. A. (2022). Pengembangan Mini Glosarium Fisika Modern Sebagai Referensi Tambahan Peserta Didik Berbasis Augmented Reality. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 13(2), 201–210. https://doi.org/10.26877/jp2f.v13i2.12451

Susanti, E. (2016). Glosarium Kosakata Bahasa Indonesia Dalam Ragam Media Sosial. DIALEKTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 229–250.

Vellia, T. L., MUzammil, A. R., & Syahrani, A. (2020). Glosarium Fauna Hasil Laut Dalam Bahasa Melayu Sukadana. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(3), 1–10.

Yektyastuti, R., Solihah, M., Prasetyo, Y. D., Mardiana, T., Ikhsan, J., & Sugiyarto, K. H. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Kimia “Chemondro” Pada Materi Kelarutan dan Pengaruhnya Terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), November, 80–87. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/7965

Yunus, Y., & Fransisca, M. (2020). Analisis kebutuhan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran kewirausahaan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 118–127. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32424

jurnal ilmiah yang fokus pada bidang pendidikan sosial, yang mencakup berbagai topik terkait pendidikan, sosial, dan ilmu humaniora. Jurnal ini biasanya mempublikasikan artikel-artikel hasil penelitian, kajian teoretis, serta telaah literatur yang relevan dengan pendidikan sosial dan isu-isu sosial lainnya. Artikel-artikel yang dimuat dalam jurnal ini biasanya ditulis oleh akademisi, peneliti, dan praktisi di bidang pendidikan dan sosial, dengan tujuan untuk menyebarkan pengetahuan dan temuan penelitian terbaru dalam bidang tersebut.

Downloads

Published

2024-08-14

How to Cite

Sulistiyarini, D. (2024) “Pengembangan Glosarium Berbasis Android Pada Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 11(1), pp. 1–16. doi: 10.31571/sosial.v11i2.7807.