Persepsi Dosen Terhadap Penerapan Prinsip-Prinsip Demokrasi Dalam Pemilihan Ketua dan Sekretaris Prodi pada Fakultas IPPS IKIP PGRI Pontianak

Authors

  • Muhammad Anwar Rube'i IKIP PGRI Pontianak
  • Rohani Rohani IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v5i1.860

Abstract

Penelitian ini bertujuan memperoleh informasi tentang persepsi dosen terhadap penerapan prinsip-prinsip demokrasi dalam pemilihan Ketua dan Sekretaris Prodi pada Fakultas IPPS IKIP PGRI Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif analitis. Subyek dalam penelitian ini yaitu dekan dan dosen Fakultas IPPS.Teknik pengumpulan data dan informasi dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, studi literatur, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi dosen terhadap penerapan prinsip-prinsip demokrasi dalam pemilihan ketua dan sekretaris Program Studi pada Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial sudah berjalan dengan baik dan harus tetap dijaga, dipertahankan serta membudayakan prinsip-prinsip demokrasi pada setiap sistem pelaksanaan demokrasi pada IKIP PGRI Pontianak. Pelaksanaan prinsip-prinsip demokrasi yang dilaksanakan yaitu, (1) prinsip demokratis, (2) prinsip kebebasan, (3) prinsip partisipasi, (4) prinsip kesetaraan, (5) prinsip kejujuran, (6) prinsip saling menghargai dan menghormati.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-09-26

How to Cite

Rube’i, M. A. and Rohani, R. (2018) “Persepsi Dosen Terhadap Penerapan Prinsip-Prinsip Demokrasi Dalam Pemilihan Ketua dan Sekretaris Prodi pada Fakultas IPPS IKIP PGRI Pontianak”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 5(1), pp. 91–104. doi: 10.31571/sosial.v5i1.860.