Efektivitas Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran IPS Terpadu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya

Novita Sariani, Reni Oktaliana

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah penggunaan media gambar cetak efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Tujuan umum penelitian ini adalah meningkatkan tindakan penggunaan media gambar cetak dalam pembelajaran IPS Terpadu untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya.Metode penelitian menggunakan metode penelitian tindakan. Bentuk penelitian yang sesuai dengan metode penelitian adalah menggunakan bentuk penelitian tindakan kelas (classroom action research).Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu teknik observasi partisipatif, teknik wawancara, teknik pengukuran, dan teknik studi dokumentasi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, soal tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media gambar cetak pada siswa kelas VII I di SMP Negeri 1 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya dalam 2 siklus, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu dengan menggunakan media gambar cetak siswa mengalami peningkatan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31571/sosial.v5i1.861

Refbacks



Copyright (c) 2018 Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial



SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial

IKIP PGRI Pontianak

Gedung Rektorat Lt. 2 Jl. Ampera No.88, Pontianak, Kalimantan Barat 78116 Telp. (0561) 748219
e-mail: sosial.ikipgpriptk@gmail.com


View My Stats | p-ISSN: 2407-5299 | e-ISSN: 2407-5302