Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa pada Mata Kuliah Geografi Pariwisata

Authors

  • Rosanti Rosanti IKIP PGRI Pontianak
  • Endah Evy Nurekawati IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v5i1.863

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan berfikir kreatif mahasiswa pada mata kuliah geografi pariwisata tahun akademik 2016/2017. Metode penelitiannya Quasi Experiment (Eksperimen Semu). Rancangan penelitian yang dipilih adalah Nonequivalent Control Group Design..Teknik pengumpulan data yang di pergunakan adalah pengukuran berupa tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Solving memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan analisis uji t mengunakan independen sample t test diperoleh data p-level lebih kecil dari 0,05 (p<0,05) yaitu 0,00. Rata-rata skor post test kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hal tersebut disebabkan oleh langkah-langkah model pembelajaran Problem Solving yang di dalamnya terdapat teknik-teknik belajar kreatif dari yang sederhana sampai yang kompleks. Selain itu faktor suasana dan proses pembelajaran di kelas juga mendukung hasil penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-09-26

How to Cite

Rosanti, R. and Nurekawati, E. E. (2018) “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa pada Mata Kuliah Geografi Pariwisata”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 5(1), pp. 131–144. doi: 10.31571/sosial.v5i1.863.