PENDIDIKAN KARAKTER PADA ASPEK MORAL KNOWING TENTANG NARKOTIKA PADA SISWA MENENGAH PERTAMA

Ika Chastanti, Indra Kumalasari Munthe

Abstract


Penggunaan narkoba di kalangan siswa bisa diatasi dengan menanamkan pendidikan karakter. Moral knowing merupakan hal penting untuk diajarkan. Jika siswa sudah memiliki pengetahuan tentang moral maka siswa akan mempunyai karakter yang konsisten antara pengetahuan dan tindakannya (moral action). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, metode pengambilan data dilakukan dengan In-depth interview dan pemberian kuesioner. Hasil menunjukkan bahwa moral knowing siswa tentang narkotika belum sepenuhnya terbentuk. Tahapan yang dapat dilakukan dalam implementasi pendidikan karakter pada siswa guna mengurangi pengguna narkotika di kalangan siswa adalah moral knowing agar siswa mampu membedakan kebajikan dengan kejelekan, larangan dan anjuran, perilaku baik atau jelek. Kedua, moral loving untuk menumbuhkan rasa cinta dan rasa butuh terhadap nilai-nilai akhlak mulia. Ketiga, moral doing untuk mempraktekkan nilai-nilai akhlak mulia itu dalam perilaku sehari-hari.

Keywords


pendidikan karakter; moral knowing; narkotika;

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2011. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum

BNN dan Puslitkes UI. 2009. Survei Perkembangan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba pada Kelompok Pelajar di Indonesia

Badri M. Implementasi Undang-Undang No. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika Dalam Pelaksanaan Wajib Lapor Bagi Pecandu Narkotika. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 13 (3): 7-12

Cahyo, D. E. 2017. Pendidikan Karakter Guna Menanggulangi Dekadensi Moral Yang Terjadi Pada Siswa Sekolah Dasar. Eduhuamaniora: Jurnal Pendidikan Dasar. 9 (1): 14 – 26.

Hasbahuddin. 2017. Model Pendidikan Karakter Untuk Mencegah Penyalahgunaan Narkoba Pada Siswa Di Kabupaten Pangkep. Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling. 1 (1): 205 – 217.

John Gray. 2001. Children are From Heaven. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Kilpatrick, Swafford. 2001. Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. National Academy Press

Koeseoma, A. Doni. 2007. Pendidikan Karakter : Strategi Mendidik Anak di Zaman Mo-Dern Jakarta: Grasindo.

Lickona, Thomas. 1991. Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam books

Marviana. 2000. Narkoba dan Remaja. Jakarta: Gramedia.

Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Multidimensional. Jakarta. Bumi Aksara.

Nandang Sambas. 2010. Pembaharuan Sistem Pemidanaan Anak di Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Romli, Atmasasmita. 1983.Problem Kenakalan Anak-anak Remaja. Bandung: Armico

Sholihah, Qomariyatus. 2015. Efektivitas Program P4GN Terhadap Penyalahgunaan NAPZA. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Vol 9 (1). Hal. 153 – 159.

Topo Santoso, Eva Achjani. 2011. Kriminologi. Jakarta : Rajawali.

Udana M. 2013. Implementasi Program Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Oleh BNN Kota Pontianak pada Siswa SMAN 2 Kota Pontianak. Jurnal S1 Ilmu Administrasi Negara 2 (2): 1-9.

Yusuf Qaradhawi. 1980. Pendidikan Islam dan Madrasah Hasan al-Banna, terj. Bustami A. Ghani dan Zainal Abidin Ahmad. Jakarta: Bulan Bintang.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.




DOI: https://doi.org/10.31571/sosial.v6i1.994

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial

IKIP PGRI Pontianak

Gedung Rektorat Lt. 2 Jl. Ampera No.88, Pontianak, Kalimantan Barat 78116 Telp. (0561) 748219
e-mail: sosial.ikipgpriptk@gmail.com


View My Stats | p-ISSN: 2407-5299 | e-ISSN: 2407-5302