PENANAMAN NILAI KARAKTER DISIPLIN MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SMA NEGERI 8 PONTIANAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penanaman karakter disiplin melalui pramuka di SMAN 8 Pontianak. Menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Proses pelaksanaan program sesuai dengan rancangan waktu dan tempat yang sudah dilakukan yaitu program mingguan, bulanan, tahunan, yaitu latihan wajib mingguan, pembekalan dasar, pengambilan badge bantara. Faktor pendukung, pengurus yang selalu datang lebih awal sehingga memberi contoh yang baik bagi anggota yang lain, jam kedatangan yang tidak terlalu awal seperti jam sekolah sehingga para anggota dapat hadir tepat waktu, semua anggota baik itu anggota baru dan pengurus memiliki tanggung jawab yang sama. Faktor penghambat, cuaca hujan dengan kondisi rumah anggota pramuka yang jaraknya cukup jauh dari tempat pelaksanaan kegiatan. Gambaran karakter disiplin dapat terlihat dari cara berpakaian yang rapi, mematuhi peratuan yang berlaku, mengerjakan tugas sekolah dengan baik, bersikap yang sopan, perkataan yang santun saat berada di pramuka, sekolah maupun di rumah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahid, A. S. (2017). Hubungan Kontrol Diri Dan Interaksi Edukatif Guru-Murid Terhadap
Kedisiplinan Belajar Siswa [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. In Core.Ac.Uk.
https://core.ac.uk/download/pdf/148618686.pdf
Ardiansyah, M., Tamyiz, & Sarpendi. (2021). Pengelolaan Ekstrakurikuler dalam Pembinaan
Prestasi Non Akademik Siswa di Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadiin Sidoharjo Jati
Agung Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2021/2022. Ar Royhan: Jurnal Pemikiran
Islam, 1(2), 167–177.
Cresswell, J.. (2014). Research Design (4th ed.). Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Daryanto. (2013). Administrasi dan Manajemen Sekolah (1st ed.). Jakarta: Rineka Cipta.
Fiana, F. J., & Ridha, M. (2013). Konsoler | Jurnal Ilmiah Konseling Disiplin Siswa di Sekolah
dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Ilmiah Konseling, 2(April),
–33.
Fitri, A. Z. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Yogyakarta: ArRuzz
Media
Mustari, M. (2015). Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013
tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Kegiatan Ekstrakurikuler.
Rizqi, A. I. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di SMA
Negeri 1 Pasuruan. Kongres Pancasila, 1(1).
Robbins SP, at al. 2005. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D (16th ed.). Bandung:
Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D (23rd ed.). Bandung: Alfabeta.
Tu’u, T. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa, (Jakarta: Grasindo, 2004), 33
Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.
Wahyuni, D., Wati, M., & Ely, R. (2016). Hubungan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar
Siswa Kelas V Di Sd Negeri 10 Banda Aceh. Pesona Dasar (Jurnal Pendidikan Dasar
Dan Humaniora), 3(4), 43–53.
DOI: https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i1.4862
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ayunina, Mashudi, Atmaja, Bistari, Dewantara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Published by
IKIP PGRI Pontianak,
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: hdrianto@yahoo.com
p-ISSN: 2337-8891 | e-ISSN: 2598-9510

