PENERAPAN PENDIDIKAN RESOLUSI KONFLIK BERBASIS MULTIKULTURAL PADA MAHASISWA PPKN IKIP PGRI PONTIANAK
Abstract
Tujuan penelitian yakni mengatahui Penerapan Pendidikan Resolusi Konflik Berbasis Multikultural Pada Mahasiswa PPKn IKIP PGRI Pontianak. Mahasiswa berpandangan bahwa konflik merupakan salah satu aspek interaksi sosial manusia dan secara alamiah terjadi dalam kehidupan sosial. Dalam menghadapi konflik, seseorang mahasiswa atau kelompok masyarakat dapat mengambil sikap penyelesaian yang berbeda, sebagian mengambil sikap konstruktif dan sebagian lainnya bersikap destruktif. Pandangan terhadap konflik yang terwujudkan protes sosial daalam sistem demokratis dalam mengekspresikan tuntutan dilakukan secara damai dan mencari dialog atau resolusi yang konstruktif. Melihat kondisi Perguruan Tinggi tidak selamanya damai dan aman. Hal ini karena konflik sering terjadi pula di Perguruan Tinggi dalam bentuk konflik yang sederhana ataupun yang lebih serius. Konflik-konflik di sekolah dapat terjadi dalam berbagai bentuk, baik bersifat horizontal maupun vertikal. Pentingnya Pendidikan resolusi konflik seyogyanya mahasiswa mesti di didik untuk memecahkan masalah termasuk ketika mereka menghadapi konflik di antara mereka sendiri. Dengan demikian, melalui Pendidikan Kewarganegaraan mesti mempunyai peran penting dalam menyediakan pengajaran resolusi konflik bagi mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hoon, C. Y. (2014). Young people's attitudes towards inter-ethnic and inter-religious socializing, courtship and marriage in Indonesia. . South East Asia Research, 433-452.
Joesoef, S. (1992). Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah. Cetakan ke-1. Jakarta: Bumi Aksara.
Ni Putu Indra Rusminiati, d. (2014). Model Pembelajaran Resolusi Konflik Berbasis Masalah . e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 30-45.
Rahmad Hidayat, d. (2020). Pendidikan Resolusi Konflik Melalui Pembelajaran Multikultural . B u a n a I l m u, 24-35.
Santrock, J. (2014). Psikologi Pendidikan (Educational Psychology), Edisi 5 Buku 1. Terjemahan Harya . Jakarta: Salemba Humanika.
Shen, S. (2019). Teaching ‘multiculturally’: geography as a basis for multicultural education in Korea. . Multicultural Education Review, 37-58.
DOI: https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i1.4925
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Moad Moad, Syafrial Nur, Hasanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Published by
IKIP PGRI Pontianak,
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: hdrianto@yahoo.com
p-ISSN: 2337-8891 | e-ISSN: 2598-9510

