REFLEKSI NILAI KEMANUSIAAN DI ORGANISASI NAHDLATUL WATHAN PANCOR, NTB
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk refleksi nilai-nilai kemanusiaan berdasarkan sila ke-2 Pancasila di organisasi Nahdlatul Wathan Pancor, NTB. Masalah difokuskan pada bentuk refleksi nilai kemanusiaan di bidang pendidikan dan sosial. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dipilih melalui teknik purposive, yakni Pengurus Besar Organisasi Nahdlatul Wathan Pancor, NTB. Penelitian dilaksanakan di Organisasi Nahdlatul Wathan Pancor, NTB. Data penelitian dikumpulkan berdasarkan hasil dokumentasi, wawancara, dan observasi. Keabsahan data diperiksa melalui teknik triangulasi, sedangkan data dianalisis menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman, yang diawali dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk implementasi nilai-nilai kemanusiaan berdasarkan sila ke-2 Pancasila di Organisasi Nahdlatul Wathan (NW) Pancor NTB dalam bidang pendidikan, yakni melalui pendirian sekolah/madrasah dari jenjang Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi, serta memberikan program bantuan beasiswa. Sedangkan dalam aspek sosial meliputi pendirian panti asuhan, Pusat Kesehatan Pesantren (Poskestren) dan Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, E.R.N.,dkk. (2021). Peran serta warga negara muda dalam kegiatan kemanusiaan. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(9), 16-25.
Bolo, dkk. (2012). Pancasilaakekuatan.aYogyakarta: PTsKanisius.
Boston,sJ et. al (eds).a(2010).aPublica: Whyaetnics matters.aAustralia: The AustraliandNation UniversityzPress.
Davis, H.a(2003). Humanarights andccivil liberties.aUnitedaKingdom:aWillianzPublishing.
Donnelly,sJ. (2013).aUniversal humanqrights inatheory and practice(3rd ed).aUnited State America:aCornellcUniversity.
Hoover,sJ. (2013).aTowards aspolitics for human rights: Ambiguous humanity and democratizingsrights. Philosophysand socialscrtism, 39 (9), 935-961.
Ikroman,aM. N. (2017).dMengajiaHamzanwadi.sMataram:aHamzanwadifInstitute.
Latif, Y.s(2015). Negaraaparipurna. Jakarta:sPTsGramedia.
Rukiyati, dkk. (2016). Pancasila. Yogyakarta: UNY Press.
Sanguiuliano,sA. R. (2014).aTowardsanatural lawafondationalist theorysof universalkhuman rights.dTransitional legalstheory. 5 (2), 218-240.
Sukmadinata, N. S.s(2009). Metodespenelitianjpendidikan. Bandung:sPT RemajasRosdakarya.
Turmuzi, Muhamad. (2021). Konsep Pendidikan dan Islam sebagai Alternatif dalam Memanusiakan Manusia. Jurnal Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 19(2), 261-282.
DOI: https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i1.5479
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Verbena Ayuningsih Purbasari, R. Samidi, Kenlies Era Rosalina Marsudi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Published by
IKIP PGRI Pontianak,
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: hdrianto@yahoo.com
p-ISSN: 2337-8891 | e-ISSN: 2598-9510

