PENGGUNAAN MODUL BELAJAR OLEH GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan ingin memperoleh gambaran maupun informasi tentang Penggunaan Modul Belajar oleh guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam proses pembelajaran, metode penelitian yang dipakai adalah metode diskriptif dengan bentuk penelitian survey, teknik pengumpulan data menggunakan teknik komunikasi tidak langsung, teknik komunikasi langsung, dan teknik observasi langsung, alat pengumpul data yang dipakai yakni angket, panduan wawancara, dan observasi, dan untuk teknik pengolahan data dipakai rumus persentase. Hasil penelitian yang diperoleh mengatakan bahwa, penggunaan modul belajar oleh guru PPKn dalam proses pembelajaran dilaksaakan dnegan baik dengan persentase sebesar 74, 49 % dalam kategori Baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, A. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Ali, M. (1998). Penelitian Kependidikan, Prosedur dan Strategi, Bandung: Aksara
Arikunto, S, (1991). Prosedur Penelitian, suatu Pendekatan Ptaktek, Jakarta: Rineka Cipta
Darmadi, H. (2009). Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta
Fatmi, N., Nadia, E., & Siska, D. (2021). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 4(2), 68-80.
Gunawan, I. (2015). Taksonomi Bloom Revisi Ranah Kognitif: kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. Premie Educandum , 2(2).
Gustinasari, M., Ardi, A., & Lufri, L. (2017). Pengembangan modul pembelajaran berbasis konsep disertai contoh pada materi sel untuk siswa sma. Bioeducation, 1(1), 60-73.
Nilasari, E., Djatmika, E. T., & Santoso, A. (2016). Pengaruh penggunaan modul pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, State University of Malang).
Nawawi, H. (2001). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Rianto, H., & Nur, S. (2019). Hubungan Kemampuan Menggunakan Media Visual Dengan Aktivitas Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Smp Negeri 17 Pontianak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(1), 65-71.
Sirate, S. F. S., & Ramadhana, R. (2017). Pengembangan modul pembelajaran berbasis keterampilan literasi. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 6(2), 316-335.
Sugiyono, (2006). Statistik untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta
Suryabrata, S. (2002). Psikologi kepribadian. Jakarta: PT Rajawali Pers
Suhaida, D., & Syarifah, F. (2019). Analisis model pembelajaran berbasis pendidikan karakter untuk membentuk karakter siswa. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 16(2), 111-121.
Surachmad, W. (1982). Metodologi Penelitian., Bandung: Remaja Rosdakarya
Wulandari, F., Yogica, R., & Darussyamsu, R. (2022). Analisis manfaat penggunaan e-modul interaktif sebagai media pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Khazanah Pendidikan, 15(2), 139-144.
DOI: https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i1.5790
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Dada Suhaida, Muhammad Mona Adha, Rycka

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Published by
IKIP PGRI Pontianak,
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: hdrianto@yahoo.com
p-ISSN: 2337-8891 | e-ISSN: 2598-9510

