PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI HIMPUNAN
Abstract
Secara umum penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem solving berbantuan media quizizz terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi himpunan di kelas VII SMP Santo Benediktus Pahauman, Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen karena sesuai dengan tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil penerapan model pembelajaran problem solving berbantuan media quizizz terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi himpunan di kelas VII SMP Santo Benediktus Pahauman,hasil penelitian yakni dari post-test yang telah diberikan kepada siswa diperoleh hasil belajar siswa, kemudian dilakukan uji hipotesis (Ha) dengan menggunakan uji t (karena kedua data berdistribusi normal dan homogen) diperoleh ≥ , atau yang jatuh pada daerah penolakan yang berarti bahwa diterima. Berdasarkan hipotesis, jadi kesimpulannya adalah model pembelajaran problem solving berbantuan media quizizz lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional pada materi himpunan di kelas VII SMP Santo Benediktus Pahauman.
Kata Kunci: Problem Solving, Media Quizizz, Kemampuan Pemecahan Masalah.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Djaali. (2008). Skala Likert. Jakarta: Pustaka Utama
Fadillah, S. A. (2010). Meningkatkan Kemampuan Representasi Multiple Matematis, Pemecahan Masalah Matematis dan Self Esteem Siswa SMP melalui Pembelajaran Pendekatan Open-Ended. Disertasi UPI Bandung: tidak diterbitkan
Hamzah. (2014). Variabel Penelitian dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Ina Publikatama
Haryani, D. (2011). Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 14(1), 20-29.
Jusuf, H. (2016). Penggunaan Gamifikasi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal TICom, 4(3), 92772.
Kumar, A., Kumar, S., & Nanda, A. (2018). A Review About Regulatory Status And Recent Patents Of Pharmaceutical Co-Crystals. Advanced pharmaceutical bulletin, 8(3), 355.
Sabaruddin, S. (2019).Penggunaan Model Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Peserta Didik Pada Materi Gravitasi Newton. Lantanida Journal, 7(1), 25-37.
Sitorus, D. S., & Santoso, T. N. B. (2021). Pemanfaatan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Pada Masa Pandemi Covid-19. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(2), 81-88.
Solviana, M. D. 2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19: Penggunaan Gamifikasi Daring di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 1(1), 1-14
Sudirman, A. M. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grafindo Indonesia.
Sugiyono, (2019).Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yamin, M. (2012). Strategi Dan Metode Dalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP press Group
Refbacks
- There are currently no refbacks.