PENGARUH MODEL EXPERENTIAL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Tujuan untuk mengetahui secara objektif dan sistematis Pengaruh Penerapan Model Experential Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan Pre Experimental Design. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpukan bahwa : 1) Kemampuan Berpikir Kritis Siswa sebelum penerapan Model Experential Learning memperoleh rata-rata nilai sebesar 67,63 berada dalam kriteria cukup; 2) Kemampuan Berpikir Kritis Siswa sesudah penerapan Model Experential Learning memperoleh rata-rata nilai sebesar 77,63 berada dalam kriteria Baik. 3) Berdasarkan hasil pengujian uji t diketahui bahwa skor sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka perbedaan antara sesudah dan sebelum diberikan perlakuan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penerapan Model Experential LearningTerhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD 34 Kecamatan Pontianak Kota.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.31571/sosial.v10i2.6182
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Rika Anggela, Rina Rina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial
Gedung Rektorat Lt. 2 Jl. Ampera No.88, Pontianak, Kalimantan Barat 78116 Telp. (0561) 748219
e-mail: sosial.ikipgpriptk@gmail.com
View My Stats | p-ISSN: 2407-5299 | e-ISSN: 2407-5302