Minat Membaca Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Authors

  • Tri Kurniawati Pendidikan Bahasa Inggris, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i2.118

Keywords:

minat membaca, pendidikan

Abstract

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat membaca mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris semester II tahun akademik 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah descriptive quantitative. Jumlah sampel penelitian dengan menggunakan cluster random sampling adalah 116 orang mahasiswa. Dari hasil penghitungan statistik didapatkan bahwa nilai mean pada indikator bahan bacaan lebih besar yaitu 2.68, artinya faktor yang paling mempengaruhi minat membaca mahasiswa adalah bahan bacaan. Namun, bahan bacaan yang lebih disukai mahasiswa adalah bahan bacaan yang bersifat hiburan seperti: buku cerita dan buku yang berisi kisah romantis. Selain itu, membaca belum menjadi hobi mahasiswa. Hal ini juga diindikasikan dari lamanya mereka meluangkan waktu untuk membaca yaitu hanya kurang dari satu jam. Sehingga disarankan pada dosen dapat terus memotivasi mahasiswa untuk menumbuhkan minat membaca mahasiswa yaitu salah satunya dengan sistem penugasan membaca kemudian mereviu dan membuat ringkasan tentang buku yang telah dibaca.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-04-23

How to Cite

Kurniawati, T. (2016). Minat Membaca Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 227–238. https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i2.118

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)