Peningkatan Kreatifitas Mahasiswa dalam Merancang Media Pembelajaran Multimedia IPA Berbasis Animasi melalui Model Cooperative Learning

Authors

  • Handy Darmawan Pendidikan Fisika, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v12i2.155

Keywords:

kreativitas, media pembelajaran, multimedia IPA, animasi, cooperative learning

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran komputer menggunakan Cooperative Learning, peningkatan kreativitas pembelajaran komputer menggunakan Cooperative Learning, dan peningkatan hasil pembelajaran komputer menggunakan Cooperative Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian seluruh mahasiswa semester I (satu) Pendidikan Fisika yang mengambil mata kuliah Komputer dalam Pembelajaran Fisika tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes hasil belajar, dan lembar observasi untuk mengukur kreativitas mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat peningkatan kreativitas belajar mahasiswa dari siklus pertama ke siklus kedua; (2) terdapat peningkatan hasil belajar mahasiswa dari siklus pertama ke siklus kedua.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-12-12

How to Cite

Darmawan, H. (2014). Peningkatan Kreatifitas Mahasiswa dalam Merancang Media Pembelajaran Multimedia IPA Berbasis Animasi melalui Model Cooperative Learning. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 12(2), 193–204. https://doi.org/10.31571/edukasi.v12i2.155

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)