Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi fluida statis di Kelas XI IPA 1 Mempawah Hilir

Authors

  • Muhammad Fahri Raiska Putra Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas MIPA dan Teknologi, IKIP PGRI Pontianak
  • Muhamad Firdaus Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas MIPA dan Teknologi, IKIP PGRI Pontianak
  • Lia Angraeni Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas MIPA dan Teknologi, IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpsa.v4i2.1987

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi fluida statis berdasarkan ahli media dan ahli materi, dan untuk mengetahui respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi fluida statis. Model yang digunakan pada penelitian ini adalah Thiagarajan yang terdiri atas tiga tahap penelitian, yaitu tahap define (tahap pendefinisian), tahap design (tahap perancangan), dan tahap development (tahap pengembangan). Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa: 1) Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh skor rata-rata 85% dengan kriteria sangat layak dan hasil validasi oleh ahli media memperoleh skor rata-rata 91% dengan kriteria sangat layak, 2) Hasil angket respon siswa dalam penggunaan media pembelajaran berbasis android pada materi fluida statis memperoleh skor rata-rata 85% dengan kriteria sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Wibawanto, W., Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif, Jember, Cerdas Ulet Kreatif, 2017.

Rusman, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Jakarta, Rajawali Pers, 2013.

Arsyad, A., dan Rahman, A., Media Pembelajaran, Jakarta, Rajawali Pers, 2014.

S. H., Kristanda, M. B., dan Saputra, M. W., Pemrograman Android dengan Android Studio IDE, Yogyakarta, ANDI, 2018.

Alfian, M. A., dan Kustijono, R., Pengembangan Software Fisika Berbasis Android Sebagai Media Belajar Listrik Dinamis, Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 4(2), 181-184, 2018.

Fatimah, S., dan Mufti, Y. Pengembangan Media Pembelajaran IPA-Fisika Smartphone Berbasis Android Sebagai Penguat Karakter Sains Siswa, J. Kaunia, 10(1), 59-64, 2014.

Astuti, I. A., Sumarni, R. A., dan Saraswati, D. L., Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning Berbasis Android, Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57-62, 2017.

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Putra, M. F. R., Firdaus, M., & Angraeni, L. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi fluida statis di Kelas XI IPA 1 Mempawah Hilir. JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 4(2), 41–44. https://doi.org/10.31571/jpsa.v4i2.1987