DESAIN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS MITIGASI BENCANA BANJIR PADA MATERI FLUIDA STATIS KELAS XI
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpsa.v6i2.6317Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan kelayakan bahan ajar fisika. Penelitian ini menggunakan metode 3D (Define, Design and Development). Bahan ajar yang dikembangan diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa sesuai dengan alur tujuan pembelajaran pada kurikulum merdeka. Materi yang digunakan dalam bahan ajar adalah materi fluida statis yang terintegrasi mitigasi bencana banjir yang dijelaskan sesuai penerapan dari materi fluida. Dari bahan ajar yang dikembangkan berdasarkan perbaikan dari evaluasi ahli dapat disimpulkan bahwa bahan ajar fisika berbasis mitigasi banjir pada materi fluida statis kelas XI layak digunakan dalam proses belajar mengajar.Â
Â
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Afrian, R. (2021). Kajian Mitigasi Terhadap Penyebab Bencana Banjir di Desa Sidodadi Kota Langsa. Jurnal Georafflesia: Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi, 5(2), 165-169.
Bencana, M., Kelas, D. l., Ips, X. I., & Pgri, S. M. A. (2022). Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Pengembangan Media Ajar Berbasis Komik Pada Materi. 9(9), 3286-3294.
Dwi, D., Ulan, P., Patongai, S., Nurhayati, B., & Karim, H. (2022). Pemanfaatan Canva for Education untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Bahan Ajar Bagi Guru Sekolah Menengah. 2(2).
Fauzi, A., & Khair, N., (2022). Efektifitas e-book fisika SMA/MA terintegrasi materi gempa bumi berbasis research based learning untuk meningkatkan sikap siapsiaga peserta didik. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 6(1), 44-51.
Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. PT Bumi Aksara.
Lichandra, F. (n.d). (2022). Peran Orang Tua Terhadap Pembelajaran Mitigasi Bencana Bagi Anak Usia Dini di Masa Covid-19. Tttps://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1866.
Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E.S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis pengembangan bahan ajar. Nusantara, 2(2), 180-187.
Malina, I., Yuliani, H & Syar, N. I. (2021). Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika ANALISIS KEBUTUHAN E-MODUL FISIKA SEBAGAI BAHAN AJAR. 3(1), 70-80
Nazifah, N., & Syamina, S. (2021). Meta Analisis Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Terintegrasi Kearifan Lokal terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(2), 154-162.
Qurrotaini,L., & Nuryanto, N. (2020). Implementasi pendidikan mitigasi bencana alam gempa bumi dalam pembelajaran IPS SD. Implementasi Pendidikan Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi Dalam Pembalajaran IPS SD, 2(1). 37-44.
Sains, F., Teknologi, D. A. N., Islam, U., & Walisongo, N. (2021). Pengembangan e-modul fluida statis bermuatan mitigasi bencana banjir kelas xi sma.
Siregar, I, F., & Hasibuan, N. (2022). Bahan Ajar Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Karakter pada Siswa. 6(2), 304-310.
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatis dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tanesib, Y. G., Astiti, K.A., & Lantik, V. (2021). Pengembangan bahan ajar ipa terpadu tipe connected berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada materi lapisan bumi kelas vii. Jurnal pendidikan dan pembelajaran sains Indonesia )JPPSI), 492), 112-120.
Widiastuti, N. L. G. K. (2020). Pengembangan bahan ajar berbasis kontekstual dengan konsep tri hita karana untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 479-490.
Downloads
Published
How to Cite
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Most read articles by the same author(s)
- Erliani Dini Melpri, Anita Anita, Eti Sukadi, PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS MITIGASI BENCANA BANJIR PADA MATERI FLUIDA STATIS KELAS XI MIPA DI SMA N 1 SUNGAI KAKAP , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 6 No. 1 (2023): JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA