DESAIN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS MITIGASI BENCANA BANJIR PADA MATERI FLUIDA STATIS KELAS XI

Authors

  • Erliani Dini Melpri IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpsa.v6i2.6317

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan kelayakan bahan ajar fisika. Penelitian ini menggunakan metode 3D (Define, Design and Development). Bahan ajar yang dikembangan diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa sesuai dengan alur tujuan pembelajaran pada kurikulum merdeka. Materi yang digunakan dalam bahan ajar adalah materi fluida statis yang terintegrasi mitigasi bencana banjir yang dijelaskan sesuai penerapan dari materi fluida. Dari bahan ajar yang dikembangkan berdasarkan perbaikan dari evaluasi ahli dapat disimpulkan bahwa bahan ajar fisika berbasis mitigasi banjir pada materi fluida statis kelas XI layak digunakan dalam proses belajar mengajar. 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Afrian, R. (2021). Kajian Mitigasi Terhadap Penyebab Bencana Banjir di Desa Sidodadi Kota Langsa. Jurnal Georafflesia: Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi, 5(2), 165-169.

Bencana, M., Kelas, D. l., Ips, X. I., & Pgri, S. M. A. (2022). Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Pengembangan Media Ajar Berbasis Komik Pada Materi. 9(9), 3286-3294.

Dwi, D., Ulan, P., Patongai, S., Nurhayati, B., & Karim, H. (2022). Pemanfaatan Canva for Education untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Bahan Ajar Bagi Guru Sekolah Menengah. 2(2).

Fauzi, A., & Khair, N., (2022). Efektifitas e-book fisika SMA/MA terintegrasi materi gempa bumi berbasis research based learning untuk meningkatkan sikap siapsiaga peserta didik. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 6(1), 44-51.

Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. PT Bumi Aksara.

Lichandra, F. (n.d). (2022). Peran Orang Tua Terhadap Pembelajaran Mitigasi Bencana Bagi Anak Usia Dini di Masa Covid-19. Tttps://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1866.

Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E.S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis pengembangan bahan ajar. Nusantara, 2(2), 180-187.

Malina, I., Yuliani, H & Syar, N. I. (2021). Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika ANALISIS KEBUTUHAN E-MODUL FISIKA SEBAGAI BAHAN AJAR. 3(1), 70-80

Nazifah, N., & Syamina, S. (2021). Meta Analisis Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Terintegrasi Kearifan Lokal terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(2), 154-162.

Qurrotaini,L., & Nuryanto, N. (2020). Implementasi pendidikan mitigasi bencana alam gempa bumi dalam pembelajaran IPS SD. Implementasi Pendidikan Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi Dalam Pembalajaran IPS SD, 2(1). 37-44.

Sains, F., Teknologi, D. A. N., Islam, U., & Walisongo, N. (2021). Pengembangan e-modul fluida statis bermuatan mitigasi bencana banjir kelas xi sma.

Siregar, I, F., & Hasibuan, N. (2022). Bahan Ajar Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Karakter pada Siswa. 6(2), 304-310.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatis dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tanesib, Y. G., Astiti, K.A., & Lantik, V. (2021). Pengembangan bahan ajar ipa terpadu tipe connected berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada materi lapisan bumi kelas vii. Jurnal pendidikan dan pembelajaran sains Indonesia )JPPSI), 492), 112-120.

Widiastuti, N. L. G. K. (2020). Pengembangan bahan ajar berbasis kontekstual dengan konsep tri hita karana untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 479-490.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Melpri, E. D. (2023). DESAIN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS MITIGASI BENCANA BANJIR PADA MATERI FLUIDA STATIS KELAS XI. JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 6(2), 23–29. https://doi.org/10.31571/jpsa.v6i2.6317

Conference Proceedings Volume

Section

Articles